Vol. 13 No. 2 (2021): La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam

					View Vol. 13 No. 2 (2021): La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam

Wabah Covid-19 belum berakhir hingga dua tahun terakhir ini. Dalam pencegahan penyebaran virus, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan himbauan untuk menghentikan acara-acara yang dapat menyebabkan massa berkerumun. Maka dari itu, pembelajaran tatap muka di berbagai Lembaga Pendidikan harus dihentikan sementara. Bentuk pembelajaran yang menjadi alternatif terbaik pada masa pandemi ini adalah pembelajaran berbasis daring, dimana proses pembelajaran dilakukan melalui jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Media pembelajaran merupakan seperangkat alat yang dapat menyampaikan pesan-pesan dalam proses pembelajaran, dari penyampai pesan (pendidik) kepada penerima pesan (peserta didik) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Landasan penggunaan media dalam pembelajaran harus dapat dilaksanakan  dengan penuh tanggung jawab dan penuh hikmah, agar pendidik dan peserta didik dapat menjalin komunikasi yang baik, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif. Sumber media pembelajaran yang tepat untuk dilakukan di saat pandemi dapat ditemukan pada al-Qur’an dan Hadits. Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan al Hadits, dapat dipandang dan diklasifikasikan menjadi media audio, visual dan audio visual.

Published: 2021-11-25