SUPERVISI PROFESIONALISME GURU MI MA’ARIF NU 01 BLATER, KECAMATAN KALIMANAH, PURBALINGGA TP 2019/2020

Authors

  • Mujibur Rohman IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.252

Keywords:

Guru, Profesionalisme, Supervisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Ujian Kompetensi Guru tahun 2015 dan 2016 dengan nilai akumulasi rata-rata 50, hal ini mendeskripsikan belum terpenuhinya indikator guru profesional, apalagi mengarah kepada profesionalisme guru. Problematika tersebut perlu segera dibenahi salah satunya dengan pelaksanaan supervisi pengajaran, dimana supervisi merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan pelaksana pembelajaran bermutu. Diharapkan dengan pelaksanaan supervisi guru akan semakin meningkat nilai profesionalismenya plus mampu secara mandiri mewujudkan guru profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi dan proses Supervisi Profesionalisme di MI yang selanjutnya bisa dijadikan role model serta blue print konsep supervisi pada madrasah. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga langkah yang dilakukan melaksanakan Supervisi Profeisonalisme Guru di MI. Berdasarkan paparan dan interpretasi data yang ada serta mengacu pada landasan teori yang berkaitan dengan Pelaksanaan Supervisi Profesionalisme Guru MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga dalam penelitian ini maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dilakukan dengan mengambil pendekatan Humanisme dan Ilmiah, selain itu Supervisi dilakukan dengan multi teknik yaitu kunjungan dan observasi kelas, pembicaraan/ pertemuan indiviu, dan diskusi kelompok. Supervisi di MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga mampu meningkatkan profeisonalisme guru pada kompeteni pedagogic, kepribadian, professional, dan kompetensi sosial.

References

Depdiknas, Pedoman Tugas Guru dan Pengawas, Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), 2009.

Hakim, Agus Assyafuq, 2016, Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di MI Ma’arif NU Sunyalangu Karanglewas Banyumas

Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal Dan Laporan Penelitian. Malang: UMM PRES, 2005

Hamid, Abdul Tanjung, 2014, Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 153065 Lopian 2 Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah

Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.

Jamroni, Mohammad, 2016, Supervisi Akademik Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru di MI “Nurul Huda” Grogol Sawoo Ponorogo

Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Pedoman Sekolah), Jakarta: Balitbang Puskur Kemdiknas, 2010.

Kementrian Pendidikan Nasional, Supervisi Akademik, Jakarta: LPPKS, 2017

Masong, Abd Kadim, 2013, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung, Alfabeta.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa, 2009, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M., Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru No 16 tahun 2007.

Pidarta , Made, 1988, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

Purwato, Ngalim, 2010, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Risnawati, 2014, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Yogyakarta, Aswaja Pressindo.

Soendari, Tjutju, Pengujian Keabsahan Data Penelitian Kualitatif, Bandung: PLB FIP UPI (tidak diterbitkan), tt.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung : Alfabeta, 2006.

Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief, Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO, Jakarta Prenada Media Group, 2010.

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Alfabeta, 2009

Soetjipto, Profesi Keguruan, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2009

Syukur NC, Fatah, 2011, Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Madrasah, Semarang, Pustaka Rizki Putra.

Sahertian, 1990, Supervisi pendidikan dalam Rangka Program Inservice education, Jakarta, Rineka Cipta.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Hamidi, 2005, Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal Dan Laporan Penelitian. Malang: UMM PRES

Moleong, Lexy J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M., 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesi

Soendari, Tjutju, tt, Pengujian Keabsahan Data Penelitian Kualitatif, Bandung: PLB FIP UPI (tidak diterbitkan).

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung : Alfabeta.

Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief, 2010, Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO, Jakarta Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Mujibur Rohman. (2021). SUPERVISI PROFESIONALISME GURU MI MA’ARIF NU 01 BLATER, KECAMATAN KALIMANAH, PURBALINGGA TP 2019/2020. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 237–256. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.252