PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATA KULIAH BIMBINGAN KONSELING BELAJAR MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI BKI IBN TEGAL

Authors

  • Roikhatul Jannah Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.217

Keywords:

Aktivitas Belajar, Strategi Team Quiz, Mahasiswa

Abstract

Jurnal berjudul “Peningkatan Aktivitas Belajar mata kuliah Bimbingan Konseling Belajar melalui Strategi Team Quiz Pada mahasiswa Semester IV Prodi BKI IBN Tegal, yang merupakan hasil penelitian fundamental ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran Bimbingan Konseling Belajar ketika menggunakan strategi team quiz. Jurnal ini diharapkan dapat memberi wawasan dalam dunia pendidikan tentang strategi atau metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa dalam belajar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa secara umum, aktivitas belajar Mahasiswa Semester IV Prodi BKI IBN Tegal baik, suasana pembelajaran juga menyenangkan dan mahasiswa lebih bersemangat dalam belajar, kelancaran pembelajaran juga baik dan tertib, dan prestasi belajar mahasiswajuga baik.

References

Abdul Majid, S. Ag dan Dian Andayani, S. Pd., Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung, PT. Remaja RosdaKarya, 2005

Abdul Mujib dan Mahnum Thalhah, Kamus Istilah Bimbingan Konseling Belajar, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1994

Abdul Wahhab Khallaf, Prof., Ilmu Ushul Fiqh, Semarang, Dina Utama Semarang, 1994

Ahmad Rohani, Drs, HM, M.Pd, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta, Rineka Cipta, 2004

Agus Suprijono, Cooperative Learning, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo, 1994

Departemen Agama RI, Al-Qur'an Dan Terjemahnya, Semarang, PT Karya Toha Putra, 2002

Departemen Agama RI, Kurikulum Berbasis Kompetensi MTs. Pembelajaran Bimbingan Konseling Belajar, Dirjen. Pembina Kelembagaan Agama Islam, 2005

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1993

Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, Yogyakarta UGM, 1995

Hamruni, Dr. H. M. Si, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009

Hisyam Zaini, et al, Strategi Pembelajaran Aktif, cet. ke-6, Yogyakarta, CTSD (Center for Teaching Staff Development), 2007

Husni Rahiem, Drs., Perkembangan Ilmu Fiqh, Jakarta, Bumi Aksara, 1992

Isjoni, Drs. H. M. Si., Ph. D, Pembelajaran Kooperatif, cet. ke-1, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009

Ismail, SM, M.Ag, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang, Rasail Media Grup, 2009

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa), Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008

M. Burhan Bungin, Prof., Dr., H.,S.Sos., M.Si, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Prenada Media, 2005

M. Hasbi Ash Shiddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh, cet. ke-8, Jakarta, PT Bulan Bintang, 1993,

Melvin L. Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, cet. ke-3, Bandung, Nusamedia, 2009

Mustopa Halmar, Drs. H. M.Ag, Strategi Belajar Mengajar, Semarang, Unissula Press, 2008

, Hand Out Mata Kuliah Metodologi Pembelajaran Bimbingan Konseling Belajar Ibadah

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2005

Oemar Hamalik, Drs., Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung, Tarsito, 1990

, Strategi Belajar Mengajar, Mandar Maju, Bandung, 1993

R. Ibrahim, Nana Syaodih S. Perencanaan Pengajaran, cet ke-2, Jakarta, Rineka Cipta, 2003

Ramayulis, Prof. Dr. H, Ilmu Pendidikan Islam, cet. ke-4, Jakarta, Penerbit Kalam Mulia, 2005

Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Jakarta, Sinar Grafika Offset, 2008

S. Margono, Drs., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2003

Sardiman A. M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, cet. ke-8, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2001

Sarjuni, S.Ag., M. Hum, Langkah Sukses Menulis Skripsi, Semarang, Unissula Press, 2010

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, cet. ke-4, Jakarta, Rineka Cipta, 2003

Sriyono, Drs., dkk, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, cet. ke-1, Jakarta, PT Rineka Cipta, 1992.

Suharsimi Arikunto, Dr., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 2006

, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2007

, Penelitian Tindakan Untuk Dosen, Kepala Sekolah & Pengawas, cet. ke-1, Yogyakarta, Aditya Media, 2010

Sumadi Suryabrata, BA., Drs., MA., Ed. S., Ph. D, Metodologi Penelitian, cet ke-7, Jakarta, Rajawali Pers, 1992

Sutrisno Hadi, Prof., Drs., MA., Metodologi Research, Jilid 2, cet. ke-25, Yogyakarta, Andi Yogyakarta, 2000

Syafi’i Karim, DRS., H. A., Bimbingan Konseling Belajar Ushul Bimbingan Konseling Belajar, cet. ke-2, Bandung, CV Pustaka Setia, 2001

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2002

Totok Jumantoro, Drs., M. A., Drs. Samsul Munir Amin, M. Ag, Kamus Ilmu Ushul Fikih, cet ke-1, Amzah, 2005

Winarno Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiyah Dasar Metode dan Teknik, Bandung, Tarsito, 1994

Wina Sanjaya, DR., M. Pd, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. ke-6, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2009

Zakiyah Daradjat, Drs dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Cet. ke-3, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2004

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Roikhatul Jannah. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATA KULIAH BIMBINGAN KONSELING BELAJAR MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI BKI IBN TEGAL. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 129–143. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.217