PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATA KULIAH BIMBINGAN KONSELING BELAJAR MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI BKI IBN TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.217Keywords:
Aktivitas Belajar, Strategi Team Quiz, MahasiswaAbstract
Jurnal berjudul “Peningkatan Aktivitas Belajar mata kuliah Bimbingan Konseling Belajar melalui Strategi Team Quiz Pada mahasiswa Semester IV Prodi BKI IBN Tegal, yang merupakan hasil penelitian fundamental ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran Bimbingan Konseling Belajar ketika menggunakan strategi team quiz. Jurnal ini diharapkan dapat memberi wawasan dalam dunia pendidikan tentang strategi atau metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa dalam belajar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa secara umum, aktivitas belajar Mahasiswa Semester IV Prodi BKI IBN Tegal baik, suasana pembelajaran juga menyenangkan dan mahasiswa lebih bersemangat dalam belajar, kelancaran pembelajaran juga baik dan tertib, dan prestasi belajar mahasiswajuga baik.
References
Abdul Majid, S. Ag dan Dian Andayani, S. Pd., Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung, PT. Remaja RosdaKarya, 2005
Abdul Mujib dan Mahnum Thalhah, Kamus Istilah Bimbingan Konseling Belajar, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1994
Abdul Wahhab Khallaf, Prof., Ilmu Ushul Fiqh, Semarang, Dina Utama Semarang, 1994
Ahmad Rohani, Drs, HM, M.Pd, Pengelolaan Pengajaran, cet. ke-2, Jakarta, Rineka Cipta, 2004
Agus Suprijono, Cooperative Learning, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo, 1994
Departemen Agama RI, Al-Qur'an Dan Terjemahnya, Semarang, PT Karya Toha Putra, 2002
Departemen Agama RI, Kurikulum Berbasis Kompetensi MTs. Pembelajaran Bimbingan Konseling Belajar, Dirjen. Pembina Kelembagaan Agama Islam, 2005
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1993
Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, Yogyakarta UGM, 1995
Hamruni, Dr. H. M. Si, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009
Hisyam Zaini, et al, Strategi Pembelajaran Aktif, cet. ke-6, Yogyakarta, CTSD (Center for Teaching Staff Development), 2007
Husni Rahiem, Drs., Perkembangan Ilmu Fiqh, Jakarta, Bumi Aksara, 1992
Isjoni, Drs. H. M. Si., Ph. D, Pembelajaran Kooperatif, cet. ke-1, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009
Ismail, SM, M.Ag, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang, Rasail Media Grup, 2009
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa), Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008
M. Burhan Bungin, Prof., Dr., H.,S.Sos., M.Si, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Prenada Media, 2005
M. Hasbi Ash Shiddieqy, Pengantar Ilmu Fiqh, cet. ke-8, Jakarta, PT Bulan Bintang, 1993,
Melvin L. Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, cet. ke-3, Bandung, Nusamedia, 2009
Mustopa Halmar, Drs. H. M.Ag, Strategi Belajar Mengajar, Semarang, Unissula Press, 2008
, Hand Out Mata Kuliah Metodologi Pembelajaran Bimbingan Konseling Belajar Ibadah
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2005
Oemar Hamalik, Drs., Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung, Tarsito, 1990
, Strategi Belajar Mengajar, Mandar Maju, Bandung, 1993
R. Ibrahim, Nana Syaodih S. Perencanaan Pengajaran, cet ke-2, Jakarta, Rineka Cipta, 2003
Ramayulis, Prof. Dr. H, Ilmu Pendidikan Islam, cet. ke-4, Jakarta, Penerbit Kalam Mulia, 2005
Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Jakarta, Sinar Grafika Offset, 2008
S. Margono, Drs., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2003
Sardiman A. M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, cet. ke-8, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2001
Sarjuni, S.Ag., M. Hum, Langkah Sukses Menulis Skripsi, Semarang, Unissula Press, 2010
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, cet. ke-4, Jakarta, Rineka Cipta, 2003
Sriyono, Drs., dkk, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, cet. ke-1, Jakarta, PT Rineka Cipta, 1992.
Suharsimi Arikunto, Dr., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 2006
, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2007
, Penelitian Tindakan Untuk Dosen, Kepala Sekolah & Pengawas, cet. ke-1, Yogyakarta, Aditya Media, 2010
Sumadi Suryabrata, BA., Drs., MA., Ed. S., Ph. D, Metodologi Penelitian, cet ke-7, Jakarta, Rajawali Pers, 1992
Sutrisno Hadi, Prof., Drs., MA., Metodologi Research, Jilid 2, cet. ke-25, Yogyakarta, Andi Yogyakarta, 2000
Syafi’i Karim, DRS., H. A., Bimbingan Konseling Belajar Ushul Bimbingan Konseling Belajar, cet. ke-2, Bandung, CV Pustaka Setia, 2001
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2002
Totok Jumantoro, Drs., M. A., Drs. Samsul Munir Amin, M. Ag, Kamus Ilmu Ushul Fikih, cet ke-1, Amzah, 2005
Winarno Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiyah Dasar Metode dan Teknik, Bandung, Tarsito, 1994
Wina Sanjaya, DR., M. Pd, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. ke-6, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2009
Zakiyah Daradjat, Drs dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Cet. ke-3, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Roikhatul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.