EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Resi Agustien Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.218

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada evaluasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan media atau aplikasi online. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi PAI, PGMI, PIAUD, dan BKI pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal semester gasal tahun akademi 2020/2021. Sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini yakni sebanyak 63 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi jenis pertanyaan tertutup yang dibagikan melalui aplikasi google form. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan fitur ringkasan pada aplikasi google form. Hasil penelitian menggambarkan bahwa mahasiswa menilai pembelajaran menggunakan media online kurang efektif (57,8%%) dan bahkan ada juga beberapa mahasiswa yang menilai sangat tidak efektif (4,7%) dan menilai biasa saja (20,3%), meskipun ada juga mahasiswa yang menilai pembelajaran daring efektif (17,2%).

References

Aditya Dewantara, Jagad. Efektifitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Basicedu Vol 5 No. 1

Darmawan, Deni. Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Khan, Badrul H. Web Based Instruction, Educational Technology Publications. New Jersey: Englewood Cliffs, 1997.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Mustofa, Mokhamad Iklil. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Semarang: Walisongo Journal of Information Technology – Vol.1 No. 2: 2019.

Permendikbud 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemendikbud No. 22.

Purwanto, dkk, Rancangan Model Pembelajaran blanded learning dengan Media Blog. Pustekkom: 2019.

Rahman Sari, Gartika dan Rismiati, Rita. E-learning Pembelajaran jarak jauh untuk SMA. Bandung: Yrama Widya, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharto, Edi. Membangun Masyarakat Memberdayakan Raakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, 2005.

Surat Edaran Dirjen Pendis. Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 (Corona) di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jakarta: Surat Edaran Dirjen Pendis No. 657/03/2020

Wilson, Agus. Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. Jakarta: Sususan Artikel Pendidikan Prodi Informatika Universitas Indraprasta PGRI – Vol.5 No.1: 2020.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Resi Agustien. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 144–155. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.218