PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. Dr. JALALUDDIN RAKHMAT, M.Sc

Authors

  • Arif Muntaqo Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.222

Keywords:

Pemikiran Pendidikan, Jalaluddin Rakhmat

Abstract

Tujuan Pendidikan Islam diantaranya adalah mampu memberikan internalisasi nilai-nilai spiritual yang mengantarkan pada keakraban, cinta, keberanian, nilai eskatis dan kemabukan dalam diri sang Khaliq (Allah). Perumusan tujuan pendidikan Islam perlu dilakukan hingga penyusunan kurikulum yang sesuai dan metodenya. Hal  ini sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses pendidikan yang didalamnya terdapat hambatan dan rintangan. Tujuan pendidikan dapat dicapai jika seluruh stakeholder dalam Lembaga Pendidikan tersebut bersatu dalam cara pandang memberikan layanan Pendidikan. Dalam dunia pendidikan Islam banyak tokoh yang dapat kita ambil ilmunya dengan mempelajari sejarah tokoh atau pimikiran-pemikirannya salah satunya yaitu K.H Dr. Jalaluddin  Rakhmat, MS.C, Tapi ironisnya para cendikiawan Islam di Indonesia lebih mengenal tokoh-tokoh barat tanpa melakukan filterisasi terhadap kebudayaan barat. Pemikiran pendidikan K.H Dr. Jalaluddin  Rakhmat, MSc perlu untuk dijadikan referensi pada praktek pendidikan dewasa ini, dimana beliau dapat membumikan pemikiran pendidikan barat pada pendidikan Islam yang ada di Indonesia.

References

Ali, Nizar, 2003. Strategi Pembelajaran, disampaikan dalam workshop kurikulum wakil kepala sekolah se-Jawa Tengah, kerja sama pusat kajian dinamika agama, budaya dan masyarakat Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga dengan Kanwil DEPAG Prop. Jawa Tengah.

al-Ligani, Ahmad Husain, 1996. Mu’jam al-Musthalahat al-Tarbawiyah al-Mu’arofah fi al-Manahij wa Thuruqu al-Tadris. Mesir: ’Alam al-Kutub.

Al-Syaibani, Omar Mohammad al-Toumy.1979.Falsafah Pendidikan Islam.Terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, HM. 1976. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama: Di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

De Porter,Bobbi dan Mike Hernacki. terjemahan Alwiyah Abdurrahman. 2000. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kamus Besar Indonesia, Edisi III (Cet. II, Jakarta Balai Pustaka, 2002) h.220

Drajat, Zakiyah,dkk.1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

http//jalal-centre.com/ di akses pada hari Rabu, 1 September 2010, pukul 23.00

Jerome R. Ravertz. Filsafat Ilmu Sejarah dan Ruang lingkup Bahasan, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Kompas, 31 Oktober 1997

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Arif Muntaqo. (2021). PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. Dr. JALALUDDIN RAKHMAT, M.Sc. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 198–211. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.222