PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERPERSPEKTIF MULTIKULTURALISME

Authors

  • Lili Hidayati STAI Al-Hikmah 2 Brebes

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.243

Keywords:

Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Multikulturalisme

Abstract

Salah satu rahmat yang dikaruniakan Allah SWT kepada bangsa Indonesia adalah keberagaman, baik suku, agama, ras dan golongan. Semua itu dikaruniakan Allah bukan tanpa sebab. Allah ingin menunjukkan ke-Maka Kuasa-an Nya. Padahal kalau Dia mau, maka bisa saja manusia dijadikan satu golongan. Selain itu Allah ingin menunjukkan bahwa dengan beragaman dan perbedaan akan muncul Rahmat Nya. Namun seringkali manusia tidak menyadari tujuan tersebut, sehinga seringkali pula perbedaan menjadi sebab perpecahan dan pertikaian. Hanya karena berbeda suku dan ras manusia saling menjelekkan dan merendahkan. Hanya karena berbeda aliran dan agama, sesama saudara saling mengkafirkan hingga menghalalkan darahnya. Fenomena inilah yang seringkali muncul di masyarakat dan itu terjadi semakin massif dengan adanya media sosial. Namun hal ini tidak boleh dibiarkan karena keragaman yang disalah tafsiri hanya akan menghasilkan perpecahan dan pertikaian yang berkepanjangan. Karenanya harus ada ikhtiar untuk menghentikannya, yakni melalui pendidikan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan melalui pendidikan adalah dengan menginternalisasikan nilai-nilai multikulturalisme ke dalam kurikulum pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah dengan menggunakan contribution approach, additive approach), transformation approach dan social action approach.

References

Agustian, Murniati dan Yustina Rostiawati, Pendidikan Multikultural Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Univ. Atmajaya, 2008.

Arifin, Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Arifin., Syamsul, Dr., , Pelembagaan Multikulturalisme Melalui Metode Living Values di Madrasah: Sebuah Eksplorasi Awal, dalam jurnal Edukasi, Volume 6, nomor 2, April- Juni 2008.

Baidhawy, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, tt.

Budiman, Hikmat , ed, Hak Minoritas: Dilema Multikulturalisme di Indonesia, Jakarta: The Interseksi Foundation, 2005.

Djalal, Fasli, Dr., dan Prof., Dr. Edi Supriadi, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.

Langgulung, Hasan, Prof. Dr., Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Al-Husna Zikra, 1995.

Mahendra, Yusril Ihza, Dr., Fundamentalisme, Faktor dan Masa Depannya dalam Rekontruksi dan Renungan Religius Islam, ed. Muhammad Wahyuni Nafis, Jakarta: Paramadina, 1996.

Maksum, Ali., dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.

Nafis, M., Cholil, Piagam Madinah dan Deklarasi HAM: Studi Historis dan Konseptual atas Nilai-Nilai Plurarisme Agama”, Tesis, Jakarta: UIN Jakarta, 2003.

Nafis, Muhammad Wahyuni, Kontekstualisasi Ajaran Islam: 70 Tahun Prof. Dr. H. Munawir Sjadzali, MA., Jakarta: Paramadina, 1995.

Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pelly, Usman, Kualitas Bermasyarakat: Sebuah Studi Peranan Etnis dan Pendidikan dalam Keserasian Sosial, Medan : Proyek Kerjasama Kantor Meneg KLH dan IKIP Medan,1988.

Pelly, Usman dan Asih Menanti, Teori-Teori Sosial Budaya, Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud, 1994.

Peters, Jan Hendrik, Prof. Dr., dan Lenny Van Ameijde, Hospitality in Motion, State of the Art ini Service Management, Jakarta: Gramedia, 2003.

Purwadi, Misteri Gajah Mada, Yogyakarta: Garailmu, 2009.

Sairin, Syafri,. Telaah Pengelolaan Keserasian dari Literatur Luar Negeri dan Hasil Penelitian Indonesia, Jakarta: Kerjasama Meneg KLH dan UGM, 1992.

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002.

Suharto,Toto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Susari,. Dr. H. MA., Disertasi yang telah dibukuan dengan Judul Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme Studi Kasus di SMAN 8 Kota Tangerang, Ciputat: YPM, 2012.

Tim Penyusun, Panduan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural SMA, Jakarta: Ditjen PAIS Departemen Agama, 2009.

Tim Penyusun, Panduan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan, 2006.

Tim Penyusun, Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural SMA/ SMK , Jakarta: Direktorat PAIS Departemen Agama RI, 2009.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Lili Hidayati. (2021). PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERPERSPEKTIF MULTIKULTURALISME. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 212–236. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i2.243