POLA PENUTUPAN REKENING NASABAH DI BPRS SURIYAH

(BPRS Suriyah Cabang Slawi)

Authors

  • Slamet Riadi
  • Titi Rahayu
  • Mursekha

Keywords:

Tabungan, Pola Penutupan Rekening Nasabah, Strategi Bank

Abstract

Keputusan nasabah yang melakukan penutupan rekening dapat di artikan sebagai ketidakloyalan nasabah terhadap jasa bank, faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil keputusan untuk menutup rekening tersebut terdapat faktor internal dan faktor eksternal, yaitu fasilitas yang diberikan oleh bank, serta kualitas pelayanan yang sangat mempengaruhi loyalitas nasabah yang merupakan faktor internal dan faktor eksternalnya adalah menutup rekening atas permintaan nasabah data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk medeskripsikan faktor penyebab nasabah menutup rekening di Bank Syariah Suriyah cabang Slawi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian di Bank Syariah Suriyah Cabang Slawi peneliti menyimpulkan bahwa faktor penyebab nasabah yang menutup rekening tabungan di Bank Syariah Suriyah Cabang Slawi adalah produk bank yang manfaat atau fasilitasnya belum bisa dirasakan oleh nasabah dan lokasi kantor yang cukup jauh dari rumah nasabah sehingga menjadi penyebab nasabah menutup rekening tabungan, serta banyak nasabah yang menutup rekening tabungan karena jangaka waktunya sudah jatuh tempo.

Published

2021-05-01

How to Cite

Riadi, S., Rahayu, T., & Mursekha. (2021). POLA PENUTUPAN REKENING NASABAH DI BPRS SURIYAH: (BPRS Suriyah Cabang Slawi). Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 15–31. Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/228

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)