STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA LOGAM DI TENGAH-TENGAH COVID-19

(Studi Kasus Di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal)

Authors

  • Akhmad Makhin
  • Mursekha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha logam di desa pesarenan yang mampu bertahan di masa Covid-19, dengan adanya wabah ini mampu mengoyak perekonomian dunia tentunya semua para pengusaha selalu mencari jalan keluar agar uasaha tetap mampu bertahan atau paling tidak masih mampu menyesuaikan dengan keadaan pada saat sekarang ini.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti langsung turun kelapangan untuk mengetahui kondisi objek yang terjadi, yaitu tempat pembuatan roda pintu gerbang dari bahan besi logam, yang berada di desa pesarean kecamatan adiwerna kabupaten tegal.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa UD. Roda Dunia Putra masih terus berproduksi untuk pembuatan roda gerbang, hal ini dilakukan dengan beberapa strategi untuk mempertahankan usahanya di tengah-tengah wabah virus Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, dengan strategi mengatur keuangan dengan baik untuk saat ini dan untuk masa mendatang, mealakukan kerja sama dengan sesama pengusaha logam, memesarakan barang dengan media online, memberi pemahaman kepada karyawan agar bisa menyadari keadaan pandemi, serta mengoptimalkan kemampuan yang masih ada.

Published

2020-05-01

How to Cite

Makhin, A., & Mursekha. (2020). STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA LOGAM DI TENGAH-TENGAH COVID-19: (Studi Kasus Di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal). Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1). Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/141

Issue

Section

Articles