ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) PERIODE 2017-2020

Authors

  • Mursekha
  • Nurma Alkhaitami
  • Putri Ayu

Keywords:

Analisis, Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan

Abstract

Perbankan merupakan salah satu lembaga yang penting dan krusial dalam system keuangan di sebuah negara, baik bank tersebut berbentuk konvensional ataupun Syariah. Bank secara periodik wajib membuat laporan keuangan untuk dapat mengetahui tingkat keuangan yang dimiliki dan kondisi keuangan Bank tersebut, dimana laporan keuangan merupakan produk atau hasil akhir dari suatu proses akuntansi. Kinerja keuangan adalah gambaran tentang setiap hasil ekonomi yang mampu diraih oleh perusahaan perbankan pada saat periode tertentu melalui aktivitas-aktivitas perusahaan untuk menghasilkan keuntungan secara efesien dan efektif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri tahun 2017-2020 melalui analisis rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Dari laporan keuangan Bank Syariah Mandiri periode 2017-2020 dianalisi menggunakan analisis rasio keuangan yaitu analisis rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil perbandingan pada setiap tahun dan akan disesuaikan dengan standar Bank Indonesia (BI) yang dapat dianalisis untuk mengukur seperti apa tingkat keuangan dan kinerja bank tersebut.

Published

2022-05-01

How to Cite

Mursekha, Alkhaitami, N., & Ayu, P. (2022). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) PERIODE 2017-2020. Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(1), 26–43. Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/229

Issue

Section

Articles