Peran sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran di MA Asy-Syafi'iyyah Karangasem: Perspektif Guru dan Siswa

Authors

  • Cato institut agama islam bakti negara tegal
  • Rizqi Abdillah Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal
  • Fauziyyah Ratri institut agama islam bakti negara tegal
  • Akhmad Zakaria institut agama islam bakti negara tegal
  • Mughni Labib Asyidiq institut agama islam bakti negara tegal
  • Purwanti institut agama islam bakti negara tegal
  • Siti Nur Mazidah institut agama islam bakti negara tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v16i1.690

Keywords:

sarana dan prasarana, proses pembelajaran, perspektif guru dan siswa, MA Asy-Syafi'iyyah karangasem

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana infrastruktur dan fasilitas pendidikan memfasilitasi pembelajaran di MA Asy-Syafi’iyyah Karangasem dari perspektif guru dan siswa. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali secara mendalam persepsi, pengalaman, dan harapan guru serta siswa terkait ketersediaan, kualitas, dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada. Temuan ini menunjukkan bahwa infrastruktur dan fasilitas di sekolah memiliki peran penting dalam memfasilitasi pembelajaran. Adanya fasilitas yang sesuai, seperti laboratorium, perpustakaan, dan ruang kelas yang nyaman, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkaya metode pembelajaran guru, serta memfasilitasi interaksi yang lebih efektif antara guru dan siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala terkait kurangnya perawatan, keterbatasan anggaran, dan ketidaksesuaian antara sarana yang ada dengan kebutuhan pembelajaran.

References

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRUSUNA, 10(2), 351–370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Fathurrahman, F., & Putri Dewi, R. O. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan. Jurnal Reforma, 8(1), 178. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.141

Fathurrochman, I., Siswanto, S., Anggraeni, R., & Kumar, K. S. (2021). Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 65–75. https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1288

Ginanjar, M. H., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam P, 6(1), 103–1017. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693

Hartoni, H. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088

Ismail, N. M., Purwanto, H., Mukmin, A. A., & Fitriyah, N. (2023). Pemanfaatan Manajemen Sarana Prasarana Pembelajaran di Madrasah Diniyah At-Taqwa Kecamatan Ra’as Kabupaten Sumenep. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 154–163. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i2.4520

Meimuharani, Nazaruddin, & Anggraini, I. (2019). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di man 4 aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 5(3), 248–253. https://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/article/view/14922

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam ?Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia ?Cianjur. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579

Proses, M., & Yang, P. (2024). Riau, Indonesia. 11, 572–582.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Cato, Rizqi Abdillah, Ratri, F., Zakaria, A., Labib Asyidiq, M., Purwanti, & Nur Mazidah, S. (2024). Peran sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran di MA Asy-Syafi’iyyah Karangasem: Perspektif Guru dan Siswa. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 125–134. https://doi.org/10.62490/latahzan.v16i1.690