Peran sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran di MA Asy-Syafi'iyyah Karangasem: Perspektif Guru dan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v16i1.690Keywords:
sarana dan prasarana, proses pembelajaran, perspektif guru dan siswa, MA Asy-Syafi'iyyah karangasemAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana infrastruktur dan fasilitas pendidikan memfasilitasi pembelajaran di MA Asy-Syafi’iyyah Karangasem dari perspektif guru dan siswa. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali secara mendalam persepsi, pengalaman, dan harapan guru serta siswa terkait ketersediaan, kualitas, dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada. Temuan ini menunjukkan bahwa infrastruktur dan fasilitas di sekolah memiliki peran penting dalam memfasilitasi pembelajaran. Adanya fasilitas yang sesuai, seperti laboratorium, perpustakaan, dan ruang kelas yang nyaman, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkaya metode pembelajaran guru, serta memfasilitasi interaksi yang lebih efektif antara guru dan siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala terkait kurangnya perawatan, keterbatasan anggaran, dan ketidaksesuaian antara sarana yang ada dengan kebutuhan pembelajaran.
References
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRUSUNA, 10(2), 351–370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Fathurrahman, F., & Putri Dewi, R. O. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan. Jurnal Reforma, 8(1), 178. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.141
Fathurrochman, I., Siswanto, S., Anggraeni, R., & Kumar, K. S. (2021). Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 65–75. https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1288
Ginanjar, M. H., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam P, 6(1), 103–1017. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693
Hartoni, H. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088
Ismail, N. M., Purwanto, H., Mukmin, A. A., & Fitriyah, N. (2023). Pemanfaatan Manajemen Sarana Prasarana Pembelajaran di Madrasah Diniyah At-Taqwa Kecamatan Ra’as Kabupaten Sumenep. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 154–163. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v13i2.4520
Meimuharani, Nazaruddin, & Anggraini, I. (2019). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di man 4 aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 5(3), 248–253. https://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/article/view/14922
Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30
Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam ?Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia ?Cianjur. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579
Proses, M., & Yang, P. (2024). Riau, Indonesia. 11, 572–582.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.