Pendekatan Ilmiah Supervisi Pengajaran

Authors

  • Mujibur Rohman IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.3

Keywords:

Pendekatan, Supervisi, Pengajaran,

Abstract

Pelaksanaan supervise dalam pembelajaran, supervisor perlu memperhatikan karakteristik guru yang dihadapi berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari sisi usia dan kematangan, pengalaman kerja, motivasi maupun kemampuan guru, karena itu, supervisor perlu menerapkan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik guru yang dihadapainya. Karena penggunaan pendekatan yang tidak sesuai (kurang sesuai), kegiatan supervise dimungkinan tidak akan berjalan dengan efektif.

References

Arifin, HM, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2003. Edisi revisi.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung; Remaja Rosda Karya, 2008. Cet. Ke-9

Mulyasa, E, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Pidarta, Made, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara, 1992

Rachman, Abdul Abror, Kepemimpinan Pendidikan Bagi Perbaikan dan Peningkatan Pengajaran, Yogyakarta: Nur Cahaya, 1984

Rivai, Veitzal, Educational Management, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2010

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Alfabeta, 2009

____________, Supervisi Pembelajara; dalam Profesi Pendidikan, Bandung; Alfabeta, 2010

Sahertian, A Piet, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2000

Soetopo, Hendiyat dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Malang; Bina Aksara, 1984

Soetjipto, Profesi Keguruan, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2009

Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan; Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung; Angkasa, tt

Syukur, Fattah, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang; PT. Pustaka Rizki Putra, 2011

Yusak, Burhanudin, Administrasi Pendidikan, Bandung; CV. Pustaka Setia, 2005

Downloads

Published

2019-05-11 — Updated on 2019-05-25

Versions

How to Cite

Mujibur Rohman. (2019). Pendekatan Ilmiah Supervisi Pengajaran. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.3 (Original work published May 11, 2019)