Pendekatan Ilmiah Supervisi Pengajaran
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.3Keywords:
Pendekatan, Supervisi, Pengajaran,Abstract
Pelaksanaan supervise dalam pembelajaran, supervisor perlu memperhatikan karakteristik guru yang dihadapi berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari sisi usia dan kematangan, pengalaman kerja, motivasi maupun kemampuan guru, karena itu, supervisor perlu menerapkan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik guru yang dihadapainya. Karena penggunaan pendekatan yang tidak sesuai (kurang sesuai), kegiatan supervise dimungkinan tidak akan berjalan dengan efektif.
References
Arifin, HM, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2003. Edisi revisi.
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung; Remaja Rosda Karya, 2008. Cet. Ke-9
Mulyasa, E, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Pidarta, Made, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara, 1992
Rachman, Abdul Abror, Kepemimpinan Pendidikan Bagi Perbaikan dan Peningkatan Pengajaran, Yogyakarta: Nur Cahaya, 1984
Rivai, Veitzal, Educational Management, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2010
Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Alfabeta, 2009
____________, Supervisi Pembelajara; dalam Profesi Pendidikan, Bandung; Alfabeta, 2010
Sahertian, A Piet, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2000
Soetopo, Hendiyat dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Malang; Bina Aksara, 1984
Soetjipto, Profesi Keguruan, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2009
Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan; Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung; Angkasa, tt
Syukur, Fattah, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang; PT. Pustaka Rizki Putra, 2011
Yusak, Burhanudin, Administrasi Pendidikan, Bandung; CV. Pustaka Setia, 2005
Downloads
Published
Versions
- 2019-05-25 (2)
- 2019-05-11 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.