AYAT-AYAT PRODUK PERBANKAN SYARIAH : MUROBAHAH, QORDUN HASAN, DAN IJAROH

Authors

  • Royani
  • Nurul Fitri Habibah

Keywords:

Perbankan Syariah, Murobahah, Qordun Hasan, Ijaroh

Abstract

Ayat-ayat yang berkaitan dengan produk perbankan syariah secara normatif meyakinkan para nasabah perbankan syariah bahwa transaksi yang dilakukan pada perbankan syariah benar-benar valid sesuai dengan nash Al Qur’an.

Perbankan syariah menawarkan beberapa produk pembiayaan yang sesuai dengan syariah, diantaranya adalah produk jual beli murobahah, produk pinjam meminjam Qordun hasan dan produk sewa menyewa ijaroh. Ketiga produk perbankan syariah ini ada dasar ayat dari Al Qur’annya.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif, yang hasilnya membenarkan dan meyakinkan bahwa produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah punya dasar yang bersumber dari Al Qru’an dan Hadits.

Namun demikian, beberapa pemikir kontemporer mengklaim bahwa ini bagian dari Islamisasi produk-produk perbankan konvensional menjadi perbankan syariah, bertujuan untuk mencari identitas keislaman dan kepatuhan terhadap otoritatif Dewan Syariah Nasional dan pemerintah yang sedang berkuasa pada saat itu, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim dan langgeng dalam memimpin negara ini.

Gus Dur menjelaskan, inti dari pelaksanaan hukum Islam adalah penerapan nilai-nilai Islam pada perbankan, yaitu segala praktek bisnis dan sistem pengembangan perbankan yang terhindar dari hal-hal yang dilarang dalam syariah seperti ghoror, maiysir, riba, dll. Bukan melegalkan nama syariah atau Islam pada perbankan itu sendiri.

Published

2021-05-01

How to Cite

Royani, & Habibah, N. F. (2021). AYAT-AYAT PRODUK PERBANKAN SYARIAH : MUROBAHAH, QORDUN HASAN, DAN IJAROH . Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/227

Issue

Section

Articles