Ilmu Pengetahuan dan Al-Qur’an (Diskursus Realitas Fenomena Alam)
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.9Keywords:
Ilmu Pengetahuan, Al-Qur’an dan Fenomena AlamAbstract
Pandangan al-Qur’an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diketahui dengan menganalisis wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad saw, yakni iqra’. Iqra’ terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun”, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu dan membaca baik tertulis maupun tidak. Wahyu pertama al-Qur’an tersebut mengisyratkan bahwa menuntut ilmu adalah suatu perintah yang wajib dilaksanakan oleh manusia, sebagaimana Nabi Muhammad saw yang menuruti perintah Malaikat Jibril tentang peristiwa di gua hira. Ilmu dapat meningkatkan keimanan seseorang, karena selain membuktikan kebenaran al-Qur’an tentang fenomena alamiah yang ilmiah, juga dapat menjadikan karakter seseorang yang berkepribadian mulia, sehingga dapat memperoleh keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Penggunaan ilmu yang tidak berdasarkan al-Qur’an hanyalah akan mendapatkan kehampaan bahkan kesesatan yang berbahaya.
References
Aburaera, Sukarno. 2017. Filsafat Hukum Teori & Praktis. Jakarta: Kencana.
Al-Ghazali. Ihya’ ‘Ulum ad-Din. Al-Maktabah asy-Sy?milah. Juz 1.
Alim, Sahirul. 1998. Menguak Keterpaduan Sains, Teknologi dan Islam. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
An-Nawawi. Majm?‘ Syarah al-Muhadzdzab. Al-Maktabah asy-Sy?milah. Juz 1.
AS, Mudakir. 2007. Studi Ilmu-ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera antar Nusa.
Baiquni, A. 1983. Islam dan Ilmu Pengetahuan Modern. Jakarta: Pustaka ITB.
Darmadi. 2017. Integrasi Agama dan Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Fitrah, Muh. 2018. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.
Gazalba, Sidi. 1992. Sistematika Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang.
Hodri. 2013. Penafsiran Akal dalam Al-Qur’an.
Surabaya: UIN Sunan Ampel. Jurnal Mutawâtir. Vol.3, No.1. Januari-Juni.
Jamarudin, Ade. 2010. Konsep Alam Semesta Menurut Al-Quran. Riau: UIN Suska Riau. Jurnal Ushuluddin. Vol. XVI, No. 2. Juli.
Jumin, Hasan Basri. 2012. Sains dan Teknologi dalam Islam Tinjauan Genetis dan Ekologis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Maghfirah, Nurul. 2015. 99 Fakta Menakjubkan dalam Al-Quran. Bandung: Mizania.
Nata, Abuddin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Qardhawi, Yusuf. 1999. Al-Qur’an Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gema Insani.
Rakhmat, 2006. Jalaluddin. Islam dan Pluralisme, Akhlak Qur’an Menyikapi Perbedaan. Jakarta: Serambi.
Shihab, M. Quraish. 2013. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Steele, Philip. 2007. Planet yang Bergolak. Terj. Teuku Kemal Hussein. Jakarta: Erlangga.
Syafi’ie, Imam. 2000. Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Alqur’an. Yogyakarta: UII Press.
Syarqawi, Hasan Asy. 1994. Manhaj Ilmiah Islami. Terj: Basalamah. Jakarta: Gema Insani.
Taufiqurrohman. 2015. 44 Orang Keren Yang Masuk Islam. Pusat Ilmu.
Yunus, Mahmud. 1990. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hida Karya Agung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.