Metode Inquiry-Discovery Learning dalam Pembelajaran Shorof untuk Siswa-siswi MTs Nurul Ummah
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i1.88Keywords:
metode inquiry-discovery, ilmu shorof, wazan fi’ilAbstract
Ilmu shorof merupakan intrumen fundamental agar dapat mengeja kosa kata bahasa Arab, yang mana keseluruhan kosa kata bentuk fi’il bersifat qiyasi. Artinya bentuk kata fi’il selalu memiliki wazan yang menjadi patokan dalam ejaanya. Wazan adalah intrumen penting dalam mengasah, merangkai, mengeja dan membaca kata-kata bahasa Arab yang berupa fi’il. Fi’il ada tiga macam, fi’il madli, fi’il mudlori’ dan fi’il amr. Metode pembelajaran inquiry-discovery memberi dampak positif bagi anak yang memiliki kemapuan rata-rata atau diatas rata-rata. Sedangkankan peserta didik yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata mengalami kesusahan dalam mendalami objek materi dengan metode tersebut.
References
‘Ali bin Muhammad al-jurjani, Kitab al-Ta’rifat, (Jakarta: darr al-kutub al-islamiyah, 2012).
A. Syanwani Midkhol AH. al-maqoshid ash-shorfiyyah pengantar memahami nadhom maqshud, (Jombang: Darul Hikmah, 2009).
Abdurrohman Ibrahim, Abu. 2007. ‘Aunul Ma’bud fi Syarhi Nadhmil Maqsud. Qohirah: Darr Ummar bin Khotob.
Abu Bakar Muhammad Assegaf, ‘Alwi. 2013. Matn al-Maqshud fi ‘Ilmi Tashrif. Jakarta: Darr al-Kutub al-islamiyah
Arroajih, Abduh. Al-Tathbiq Ash-Shorfi. 1973. Beirut.
Asrul, dkk. Evaluasi Pembelajaran. (Bandung: Cipta Pustaka Media, 2015.
Echols, J. M., & Shadily, H. Kamus Inggris-Indonesia. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 1996).
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: Pustaka Setia, 2011).
Hamruni. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif Yang Menyenangkan. (Yogyakarta: FITK UIN SUKA, 2009).
Hanafiah dan Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. (Bandung: PT. Refika Aditama, 2012).
Ibnu ‘Ali ibnu Mas’ud, Ahmad. __. Marah al-Arwah fi ‘almi al-shorfi. Al-Haramain.
Muhammad, Abi Dziyar bin sa’id al-Buhairi, al-Ibna’ bisyarh matn al-bina’,.
Muliawan, Jasa Ungguh. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2016).
Musthofa al-Ghulayany. Jami’ al-Durus al-‘Arabiyah. (Beirut: Syarikah Abnai Syarif al-Angshori. 2003).
Natsir, Muhammad. Pendekatan Analisis Marfologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. (Jurnal al-Bayan (2017) Vol 9 no 1 Januari-Juni).
Nur’Aini. Perencanaan Pembelajaran. ( Yogyakarta: Cipta Media, 2006).
Rusman, Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013).
Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Safitri, Eka. Penerapan Metode Krapyak dalam Pembelajaran Saraf di Pesantren. ((Jurnal al-Bayan (2017) Vol 9 no 1 Januari-Juni).
Samir al-Badi, Muhammad. 1985. Mu’jam al-mustholahat al-nahwiyah al-shorfiah. Beirut: Muassis al-Risalah.
Sukardi, Ismail. 2011. Model dan Metode Pembelajaran Modern: Suatu Penghantar. Palembang: Tunas Bangsa.
Suryani, N., & Agung, L. Strategi Belajar-Mengajar. (Yogyakarta: Ombak, 2012).
Suyadi, Strategi Pembalajaran Pendidikan Karakter (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Jakarta: Prenamedia Group, 2014).
Trianto, Model-model pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan dan Implementassinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ( Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010).
Ulum, Mokhamad Miptakhul. "METODE MEMBACA KITAB KUNING ANTARA SANTRI DAN MAHASISWA." Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 7.2 (2018): 120-136.
Yunus Abidin, Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 (Bandung:PT. Refika Aditama, 2014)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Achmad Choirul Umam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.