Strategi Mindset System Belajar Kritis Komprehensif
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i1.87Keywords:
Mindseat, Kritis, KomprehensipAbstract
Kemampuan berfikir kritis komprehensif adalah sebuah kemampuan berfikit tingkat tinggi lebih kepada bersifat luas dan menyeluruh, dengan menggunakan proses mental untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi yang didapatkan dari hasil pengamatan yang dilakukan, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mindset belajar yang bersifat kritis komprehensif, Penelitian ini menggunakan penelitian Pustaka (library research) bagian dari jenis penelitian kualitatif, untuk instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa buku-buku, karya ilmiah dokumrn-dokumrn, internet dan sumber lain, hasil penelitian ini menunjukan dalam pola mindseat belajar yang bersifat kritis komprehensif peneliti menemukan dengan adanya tiga tahapan, tahapan yang pertama berupa pendahuluan, kedua merupakan respon dari kegiatan pendahuluan dengan cara mengajukan berbagai pertanyaan secara tepat sasaran dan mendalam, ketiga kegiatan pendukung dengan berbentuk asumsi
References
“Berfikir, akal, budi”, https://kbbi.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 28 Mei 2018.
“Indra”, https://id.wikipedia.org/wiki/Indra_(fisiologi), diakses tanggal 29 Mei 2018.
“Komprehensif”, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komprehensif, diakses tanggal 28 Mei 2018.
“Komprehensif”, https://www.merriam-webster.com/dictionary/comprehensive, diakses tanggal 31 Mei 2018
“Kritis”, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kritis, diakses tanggal 28 Mei 2018.
“Think”, https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/think, diakses tanggal 29 Mei 2018.
A. Basiq Djalil, Logika Ilmu Mantiq, Jakarta: Kencana, 2009.
Abdullah Hassan, Ainon Mohd, Kemahiran Berfikir Aras Tinggi, Kuala Lumpur: Zizi Press, 1996.
Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Amin Syukur, Kuberserah,Jakarta: Noura Books, 2012.
Beni Ahmad Saebani, Filsafat Ilmu, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Buku Saku Logika; Sebuah Daras Ringkas, Terj. Irwan Kurniawan, Jakarta: Sadra Press, 2018.
Edward De Bono, Revolusi Berpikir, Terj. Ida Sitompul, Fahmy Yamani, Bandung: Kaifa, 2007.
Elaine B. Johnson, Contextual Teaching and Learning, Terj. Ibnu Setiawan, Bandung: MLC, 2007.
Ifada Novikasari, “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Open ended di Sekolah Dasar”, Insania, Vol. 14, No. 2, Mei-Ags 2009.
M. Yunus S.B, Mindset Revolution, Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher, 2014.
M. Yunus S.B, Mindset Revolution, Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher, 2014.
Mohammad Ismail, “Konsep Berpikir dalam al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak”, Ta’dib, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014.
Muhammad Agus Muljanto, “Menumbuhkan Pola Pikir, Sikap dan Perilaku Positif Sebagai Pegawai Negeri Sipil“, https://bppk.kemenkeu.go.id/id/publikasi/artikel/147-artikel-anggaran-dan-perbendaharaan/20446-menumbuhkan-pola-pikir,-sikap-dan-perilaku-positif-sebagai-pegawai-negeri-sipil, diakses tanggal 03 Juni 2018.
Mukhtar Latif, Orientasi ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014)
Steve Bareham, “Think Well & Prosper: A Critical Thinking Guide”, https://books.google.co.id, diakses tanggal 31 Mei 2018.
Syaikh Falah al-‘Abidi, Sayyid Sa’ad al-Musawi, Buku Saku Logika; Sebuah Daras Ringkas, Terj. Irwan Kurniawan, Jakarta: Sadra Press, 2018.
Syutaridho, “Mengontrol Aktivitas Berpikir Kritis Siswa dengan Memunculkan Soal Berpikir Kritis”, JPM Rafa, Vol.2, No.1, September 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mohammad Syaifuddin, Ahmad Taufiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.