Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas X Semester 1 Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i1.85Keywords:
Pengembangan Instrumen Penilaian, Instrumen Penilaian Autentik,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan instrumen penilaian autentik pada butir soal latihan maharoh qira’ah pada buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X semester 1 Madrasah Aliyah yang sesuai dengan ketentuan pengembangan instrumen penilaian autentik yang benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada pengembangan buku ajar dan pendekatan kuantitatif pada analisis butir soal. Metode yang digunakan adalah Research and Development, yang terdiri dari tahap pengembangan instrumen, tahap validasi dan uji coba instrumen, dan tahap aplikasi instrumen. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengacu pada langkah-langkah pengembangan menurut Borg & Gall. Proses pengembangan instrumen ini melalui validasi oleh dua validator yang ahli di bidangnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwasanya terdapat peningkatan nilai sebelum dan sesudah pengembangan latihan diterapkan, hal ini dapat dilihat dari analisis butir soal latihan objektif maharoh qira’ah dengan nilai awal (sebelum dikembangkan) menghasilkan reliabilitas 0,847 dan terdapat 6 soal kurang baik. Nilai analisis yang pertama (setelah dikembangkan) diperoleh reliabilitas 0,927 dan terdapat 8 soal kurang baik, kemudian pada penilaian analisis yang kedua, dihasilkan reliabilitas 0,931 dan semua soal baik.
References
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta, 2000.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar-Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Dantes, Nyoman. Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses dan Produk Dalam Pembelajaran yang Berbasis Kompetensi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha,, 2008.
Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Fuad Efendi, Ahmad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2006.
Kunandar. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafind, 2013.
L. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2005.
Muhammad, Azhar. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Usaha Nasional: Surabaya, 1993.
Nasirudin. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 1995.
Permendikbud 2014. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar & Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud No. 104.
Subana, dkk. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka setia, 2000.
Sudjono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Sugiyono. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sunarti dan Rachmawati, Selly. Penilaian dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.
Ulum, Mokhamad Miptakhul. "METODE MEMBACA KITAB KUNING ANTARA SANTRI DAN MAHASISWA." Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 7.2 (2018): 120-136.
??????? ???????, ??? ??????. ?????? ????? ????? ??????? ???????? ????? ????. ??? ???????: ????? ?? ?????? 1432?.
??????? ???????? ??? ??????. ????? ???? ????? ????? ??????? ???? ???????? ???. ????? ??????? ????????? 1428?.
????? ??????? ???? ????. ??????? ??????? ?????? ????????? ??????? ?????? – ????? ??????? ?????? ?????? ?????????? .??????????: ?????? ??????? ??????? 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Resi Agustien
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.