FIQH KONSELING [Pertautan Trilogi antara Iman, Islam dan Ihsan (TI3) dalam Menjawab Kegelisahan Akademik dan Problematika Pendidikan]

Authors

  • Saeful Bahri Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.7

Keywords:

Fiqh Konseling TI3, Kegelisan Akademik, Problematika Pendidikan

Abstract

Artikel ini akan menjawab pertanyaan penting bagaimana menemukan kembali relegious insight yang telah hilang dalam diri seorang klen (siswa). Mungkin salah satu sebabnya adalah berbagai persoalan akademik dan problem pendidikan yang dialaminya membuat siswa tertekan dan gelisah, sehingga motivasi belajar menjadi lemah dan tidak bisa mencari solusi pemecahannya. Di sinilah tugas suci Bimbingan Konseling Islam (BKI) dipertaruhkan untuk dapat mengubah sikap dan mental klien ke arah yang lebih baik. Akhirnya, penulis menawarkan Fiqh Konseling dalam Trilogi Iman, Islam dan Ihsan, disingkat (TI3) sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi persoalan yang dialami klien (siswa). Karakter dari trilogi tersebut mengantarkan seorang klien menjadi pribadi yang totalitas dalam menjalankan ajaran agama, dan pasrah secara penuh kepada Tuhan-Nya serta selalu optimis dalam kegiatan pembelajarannya.

References

Adz-Dzaky, M. Hamdan Bakran, Konseling dan Psikoterapi Islam Penerapan Metode Sufistik, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru,2002.

Arifin, H.M, Pokok-Pokok Pikiran tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah,2015.

Al-Jurjani, Kitab at-Ta’rifat, Beirut: Maktabah Libanon,1985.

An-Naisaburi, Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj, Sahih Muslim, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah,1971.

As-Subki Tajuddin, Jam’u al-Jawami’, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2002.

Jauhari, Muchtar Heri, Fiqh Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2005.

Nata Abuddin, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.

Nurul, Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: PT. Bumi Aksara,2008.

Mulyadi, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Kencana, 2016.

Mubarok, Ahmad, Al-Irsyad an-Nafsi: Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2000.

Mujib Abdul, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2006.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 111 Tahun 2014 Pasal 1 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Winkel, W.S, Bimbingan dan Penyuluhan di Insitut Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi Gramedia Widiarsa,2004.

Downloads

Published

2019-05-25

How to Cite

Saeful Bahri. (2019). FIQH KONSELING [Pertautan Trilogi antara Iman, Islam dan Ihsan (TI3) dalam Menjawab Kegelisahan Akademik dan Problematika Pendidikan]. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 37–51. https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.7