FIQH KONSELING [Pertautan Trilogi antara Iman, Islam dan Ihsan (TI3) dalam Menjawab Kegelisahan Akademik dan Problematika Pendidikan]
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.7Keywords:
Fiqh Konseling TI3, Kegelisan Akademik, Problematika PendidikanAbstract
Artikel ini akan menjawab pertanyaan penting bagaimana menemukan kembali relegious insight yang telah hilang dalam diri seorang klen (siswa). Mungkin salah satu sebabnya adalah berbagai persoalan akademik dan problem pendidikan yang dialaminya membuat siswa tertekan dan gelisah, sehingga motivasi belajar menjadi lemah dan tidak bisa mencari solusi pemecahannya. Di sinilah tugas suci Bimbingan Konseling Islam (BKI) dipertaruhkan untuk dapat mengubah sikap dan mental klien ke arah yang lebih baik. Akhirnya, penulis menawarkan Fiqh Konseling dalam Trilogi Iman, Islam dan Ihsan, disingkat (TI3) sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi persoalan yang dialami klien (siswa). Karakter dari trilogi tersebut mengantarkan seorang klien menjadi pribadi yang totalitas dalam menjalankan ajaran agama, dan pasrah secara penuh kepada Tuhan-Nya serta selalu optimis dalam kegiatan pembelajarannya.
References
Adz-Dzaky, M. Hamdan Bakran, Konseling dan Psikoterapi Islam Penerapan Metode Sufistik, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru,2002.
Arifin, H.M, Pokok-Pokok Pikiran tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah,2015.
Al-Jurjani, Kitab at-Ta’rifat, Beirut: Maktabah Libanon,1985.
An-Naisaburi, Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj, Sahih Muslim, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah,1971.
As-Subki Tajuddin, Jam’u al-Jawami’, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2002.
Jauhari, Muchtar Heri, Fiqh Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2005.
Nata Abuddin, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.
Nurul, Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: PT. Bumi Aksara,2008.
Mulyadi, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Kencana, 2016.
Mubarok, Ahmad, Al-Irsyad an-Nafsi: Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2000.
Mujib Abdul, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2006.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 111 Tahun 2014 Pasal 1 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Winkel, W.S, Bimbingan dan Penyuluhan di Insitut Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi Gramedia Widiarsa,2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.