Quantum Reading Quran (QRQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i2.53Keywords:
Kemampuan Membaca Alquran, PTK, Quantum Reading QuranAbstract
Membaca Alquran merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik belum mampu membaca Alquran dengan tajwid dan makharijul huruf yang benar. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode Quantum Reading Quran (QRQ) dengan teknik “Ayu Ayun Manna Tahan” untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Targgart dengan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III pada salah satu Sekolah Dasar Negeri di Purwakarta, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes kinerja peserta didik dalam membaca surat al-Nasr pada siklus I adalah 39,22 dan pada siklus II adalah 75 (skala 0-100). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Reading Qur’an (QRQ) dengan teknik “Ayu Ayun Manna Tahan” dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Quran.
References
Alfahad, M. F. (2015). Penerapan Quantum Speed Reading dalam pembelajaran membaca cepat bahasa Indonesia. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(1), 72-77.
Ariani, R. D., Fahrurozi, F., & Sarkadi, S. (2019). PENERAPAN METODE QUANTUM READING DAN COOPERATIVE SCRIPT (QRCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SKIMMING DALAM MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS PADA SISWA KELAS V SDN 02 CIPANAS KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Metamorfosa Journal, 7(1).
Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 251-266.
Dariyani, I. E. (2017). PENERAPAN METODE QUANTUM READING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Neglasari 03 Cisompet Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 20-24.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2011). Quantum Learning. Bandung : Kaifa
Desiana, D., Norman, S., & Wembrayarly, W. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Anak Usia Dini melalui Penerapan Metode Iqro’Plus Kartu Huruf di RA. Ummatan Wahidah Curup (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu).
Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar risalah: Media keislaman, pendidikan dan hukum Islam, 15(1), 19-29.
Finaryanti, O. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Quantum Reading di Kelas V SDN Dadaplangu 02 Kabupaten Blitar. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Mawarni, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Kibar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Moechamad, K. R., & Sukmawati, D. (2015). EFEKTIVITAS METODE BAQMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PADA ANAK. pedagogik-pendas, 474.
Mutmainnah, S. (2011). Penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca al-Quran di MI Al-Falah Beran Ngawi (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).
Pratiwi, A., Sunarya, D. T., & Hanifah, N. PENERAPAN METODE QUANTUM READING DAN MEDIA GARIS WARNA-WARNI DALAM MENEMUKAN GAGASAN UTAMA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 701-710.
Sutriani, R., Sunarya, D. T., & Djuanda, D. (2016). Penerapan Metode QRCS (Quantum Reading Dan Cooperative Script) Dalam Membandingkan Isi Dua Teks. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 161-170.
Tiyono, E. A. (2011). Pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al Qura'an siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).
Widiarta, I. W., Ganing, N. N., Hum, M., & Meter, I. G. (2014). Pengaruh Quantum Reading terhadap Keterampilan Membaca pada Pelajaran Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Yaumi, M dan Damopoli, M. (2014). Action Research Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jaenuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.