Implementasi Indikator Kelulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Queen Elvina Sevtivia Asrivi Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal
  • Nurfani Fadhilah Prodi PGMI Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i2.49

Keywords:

Indikator kelulusan, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar, kompetensi profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hambatan dalam penyusunan indikator kelulusan Bahasa Indonesia oleh guru kelas VI SD di Kecamatan Slawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis model interaktif yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi (conclusion drawing). Dua guru kelas VI sebagai sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelulusan disusun melalui tiga tahapan yaitu (1) tahap persiapan yang terdiri atas (a) Memiliki kelengkapan dokumen POS US/M, (b) Melaksanakan tambahan jam. (2) Tahap pelaksanaan terdiri dari (a) Guru kelas VI menganalisis hasil try out, (b) Guru kelas VI dan stakeholder pendidikan sekolah merancang nilai kelulusan Bahasa Indonesia, (c) Musyawarah dengan stakeholder pendidikan mengenai nilai kelulusan Bahasa Indonesia. Tahap yang terakhir yaitu (3) tahap evaluasi atas ketercapaian nilai kelulusan Bahasa Indonesia. Hambatan dalam penyusunan nilai kelulusan Bahasa Indonesia berasal dari siswa, guru dan orang tua dalam penyusunan nilai kelulusan diantaranya kemampuan siswa yang rendah, pelaksanaan tambahan jam yang tidak sesuai dengan jadwal, musyawarah penentuan kelulusan dan pembelajaran Bahasa Indonesia belum optimal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penyusunan nilai kelulusan Bahasa Indonesia berjalan sesuai dengan dokumen POS US/M SD dan siswa mampu mencapai standar yang sudah ditentukan, akan tetapi perlu ditingkatkan kembali kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia agar diperoleh nilai kelulusan yang meningkat setiap tahunnya. Peningkatan nilai kelulusan berpengaruh terhadap kualitas lulusan sekolah dalam mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMP/MTs.

References

Akbar, A., “Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.3, No.1, 2017, hlm.42-52.

Budiman, H., “Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.8, No.1, 2017, hlm.31-43.

Cahyono, L. E., Budiwibowo, S., D., dan Murwani, J., "Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun", Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol. 4, No.2, 2015, hlm.99–105.

Hadiana, D., "Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar", Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.21, No.1, 2015, hlm. 15–26.

Hadianti, L. S., ”Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut)”, Jurnal Pendidikan UNIGA, Vol.2, No.1, 2017, hlm. 1-8.

Ismail, F., “Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kualitas Pendidikan”, Jurnal Ilmiah Iqra', Vol. 2, No.2, 2018, hlm. 1-17.

Juniarti, A. T., dan Sukartini, T., "Analisis Kompetensi Lulusan melalui Kinerja Guru di SMPN Wilayah III Cirebon", Jurnal Trikonomika, Vol.13, No.2, 2014, hlm.145–152.

Kementrian Hukum dan HAM, Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2003 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: Kemenkumham, 2013)

Kharizmi, M., “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi”, Jurnal Pendidikan Almuslim, Vol.7, No.2, 2019, hlm. 94-102.

Mardapi, D., "Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar Berbasis Standar Nasional". Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol.13, No.2, 2013, hlm.227-245.

Pilomonu, S.W., dan Ansar, M.,"Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammad Uggulan Kota Gorontalo", Jurnal Kim Fakultas Ilmu Pendidikan, Vol.2, No.1, 2014, hlm. 1–12.

Putra, P., “Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN se-Kabupaten Sambas”, JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), Vol.1, No.1, 2017, hlm.14-26.

Riyadi, S., dan Mulyapradana, A., ”Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan”, Jurnal Litbang Kota Pekalongan, Vol.-, No.13, 2017, Hal 106-117.

Septiani, I., dan Sukana, T., “Permasalahan Pendidikan Dasar Tentang Kualitas Guru Mengajar: Studi Kasus di Kabupaten Purwakarta”, Indonesian Journal of Education and Learning, Vol.2, No.2, 2019, hlm.246-254.

Setiawati, S., “Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia”, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol.2, No.-, 2019, hlm. 552-557.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2012).

Widiansyah, A., “Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan”, Cakrawala-Jurnal Humaniora, Vol.18, No.2, 2018, hlm. 229-234.

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Queen Elvina Sevtivia Asrivi, & Nurfani Fadhilah. (2019). Implementasi Indikator Kelulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 43–61. https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i2.49