Nilai-nilai Moral Sosial pada Acara Reality Show Pantang Ngemis di GTV Episode 30-35

Authors

  • Lyswidia Andriarsih Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Affnyani Rahma Pramesti Prodi PGMI Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i2.48

Keywords:

Moral, Sosial, Reality Show, Pantang Ngemis,

Abstract

Tujuan penelitian ini mengajarkan hal yang baik dalam kehidupan masyarakat, dan memberikan manfaat bagi penonton pada khusunya dan masyarakat pada umumnya, salah satunya program acara reality show pantang Ngemis yang memiliki nilai moral positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara metodologis. Pendekatan metodologis yang terbagi menjadi dua yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pendekatan kualitatif menurut Sarwono adalah pendekatan yang menggunakan argumentasi kalimat-kalimat. Adapun pendekatan deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk memberikan gambaran teratur dan satu atau lebih variabel terikat dalam suatu kelompok tertentu, sehngga dapat menemukan maksud penutur baik secara tersurat maupun tersirat dibalik tuturannya. Hasil penelitian ini acara reality show pantang Ngemis mampu menarik hati masyarakat, acara tersebut benar- benar dapat menyentuh hati para pemirsa yang menyaksikannya, bahkan untuk menontonya kita tidak cukup hanya dengan mata dan pikiran saja, tapi juga dengan hati. Program acara yang memiliki nilai moral positif dapat mengajarkan hal-hal yang baik dalam kehidupan masyarakat, acara TV yang baik dapat membuat masyarakat menyerap nilai-nilai moral yang terdapat dalam acara tersebut, sehingga mengajarkan orang bagaimana berbuat baik, santun, saling menolong, dan bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara reality show pantang ngemis tersebut, kita dapat mengerti arti kehidupan sesungguhnya, hidup itu kita harus selalu berjuang dan ikhlas serta selalu bersyukur terhadap hidup ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil hikmahnya disini, dan ini adalah salah satu acara yang patut di contoh bagi kita semua.

References

Anwar, Arifin. 2011. Sistem Komunikasi Indonesia, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bancin, Imelda. Motivasi Konsumsi terhadap Tayangan Reality Show dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Jurnal: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Departemen Ilmu Komunikasi

Universitas Sumatera Utara Medan

Ekosusilo, Madya. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai. Sukoharjo: Univet Bantara Press

Mulyana. 2005. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Jakarta: Gema Intan Press

Morisan, 2008. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Kencana

Nimas A.L, Pengaruh Reality show “Jalan dakwah episode lindungan Alam” di Tans7 terhadap Akhlak Remaja, Jurnal:Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasjidi, H.M. 1984. Persoalan-persoalan Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang

Sulistiyorini, Memahami Konsep Kinerja Guru, (http://blog.tp.ac.id)

Thoha, Habib. 1996. Reformasi Filsafat dan Pendidikan Islam. Semarang: IAIN Walisongo Press

Yunahar, Ilyas. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Lyswidia Andriarsih, & Affnyani Rahma Pramesti. (2019). Nilai-nilai Moral Sosial pada Acara Reality Show Pantang Ngemis di GTV Episode 30-35. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 30–42. https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i2.48