Nilai-nilai Moral Sosial pada Acara Reality Show Pantang Ngemis di GTV Episode 30-35
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i2.48Keywords:
Moral, Sosial, Reality Show, Pantang Ngemis,Abstract
Tujuan penelitian ini mengajarkan hal yang baik dalam kehidupan masyarakat, dan memberikan manfaat bagi penonton pada khusunya dan masyarakat pada umumnya, salah satunya program acara reality show pantang Ngemis yang memiliki nilai moral positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara metodologis. Pendekatan metodologis yang terbagi menjadi dua yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pendekatan kualitatif menurut Sarwono adalah pendekatan yang menggunakan argumentasi kalimat-kalimat. Adapun pendekatan deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk memberikan gambaran teratur dan satu atau lebih variabel terikat dalam suatu kelompok tertentu, sehngga dapat menemukan maksud penutur baik secara tersurat maupun tersirat dibalik tuturannya. Hasil penelitian ini acara reality show pantang Ngemis mampu menarik hati masyarakat, acara tersebut benar- benar dapat menyentuh hati para pemirsa yang menyaksikannya, bahkan untuk menontonya kita tidak cukup hanya dengan mata dan pikiran saja, tapi juga dengan hati. Program acara yang memiliki nilai moral positif dapat mengajarkan hal-hal yang baik dalam kehidupan masyarakat, acara TV yang baik dapat membuat masyarakat menyerap nilai-nilai moral yang terdapat dalam acara tersebut, sehingga mengajarkan orang bagaimana berbuat baik, santun, saling menolong, dan bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara reality show pantang ngemis tersebut, kita dapat mengerti arti kehidupan sesungguhnya, hidup itu kita harus selalu berjuang dan ikhlas serta selalu bersyukur terhadap hidup ini. Banyak pelajaran yang bisa diambil hikmahnya disini, dan ini adalah salah satu acara yang patut di contoh bagi kita semua.
References
Anwar, Arifin. 2011. Sistem Komunikasi Indonesia, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Bancin, Imelda. Motivasi Konsumsi terhadap Tayangan Reality Show dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Jurnal: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Departemen Ilmu Komunikasi
Universitas Sumatera Utara Medan
Ekosusilo, Madya. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai. Sukoharjo: Univet Bantara Press
Mulyana. 2005. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Jakarta: Gema Intan Press
Morisan, 2008. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Kencana
Nimas A.L, Pengaruh Reality show “Jalan dakwah episode lindungan Alam” di Tans7 terhadap Akhlak Remaja, Jurnal:Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rasjidi, H.M. 1984. Persoalan-persoalan Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang
Sulistiyorini, Memahami Konsep Kinerja Guru, (http://blog.tp.ac.id)
Thoha, Habib. 1996. Reformasi Filsafat dan Pendidikan Islam. Semarang: IAIN Walisongo Press
Yunahar, Ilyas. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Lyswidia Andriarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.