Kompetensi Guru Menurut K.H Hasyim Asy’ari dan Urgensinya dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045

Authors

  • Arif Muntaqo Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.328

Keywords:

Kompetensi Guru, K.H Hasyim Asy’ari, Indonesia Emas 2045

Abstract

Indonesia sekarang dalam era global, bagian dari masyarakat dunia dimana batas negara semakin tipis yang didalamnya semua negara bersaing. Untuk dapat memenangkan persaingan global, maka sumber daya masyarakat harus ditingkatkan. 100 tahun setelah Indonesia merdeka di tahun 1945, tahun 2045 adalah tahun kebangkitan Indonesia yang disebut dengan dengan Indonesia Emas.  Kunci dapat menyongsong tersebut yaitu melalui pendidikan. Guru adalah salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada maju tidaknya pelaksanaan pendidikan. Oleh karena memajukan pendidikan pertama yang dilakukan adalah memejukan gurunya. Ada 4 kompetensi guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi bahwa ada 4 kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial, kompetensi profesional. Pemikiran-pemikitan pendidikan dari K.H Hasyim Asy’ari yang beliau tuangkan dalam kitab adabul Alim wal Muta’alim dapat menjadi satu pijakan real dalam peningkatan masing-masing 4 kompetensi tersebut diatas. Ditengah tantangan dan hambatan Indonesia dalam meningkatkan pendidikan dengan dinamika yang ada pemikitan pendidikan K.H Hasyim Asy’ari sangat urgen sekali dalam peningkatan kompetensi guru untuk berhasilnya menyongsong Indonesia Emas 2045.

References

Asmani, 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Asy?ari, Hasyim. Tanpa tahun. Adabul „Alim Wal Muta?allim. Terj. Rosidin. 2017. Pendidikan Karakter Khas Pesanteren. Tanggerang: Tsmart.

Chatib, Munif. 2012. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Drajat, Manpan Dan Ridwan Efendi. 2014. Etika Profesi Guru. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Fakhrudin, Asep Umar. 2011. Menjadi Guru Faforit. Jogjakarta: DIVA Press.

Husien, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pt.Pustaka Baru Press

Khuluk, Lathiful. 2013. Fajar Kebangunan Ulama; Biografi K.H. Hasyim Asy?ari. Yogyakarta: LkiS.

Manab, Abdul dan Kutbuin Aibak. 2018. Managemen Perubahan Kurikulum. Yogyakarta: Kalimedia

Mukani. 2015. Biografi dan Nasihat Hadratussyaikh K.H. M. Hasyim Asy?ari. Jombang, Jawa Timur: Pustaka Tebu Ireng.

Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan SumberBelajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Syamsu, Muhammad. 1996. Ulama Pembawa Islam Di Indonesisa Dan Sekitarnya.Jakarta: Lentera

Umuri, Zainal. 2011. Bukan Guru Oemar Bakrie. Jakarta: Pt. Gramadia Surtisno

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Arif Muntaqo. (2021). Kompetensi Guru Menurut K.H Hasyim Asy’ari dan Urgensinya dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 116–128. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.328