Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Penjual dan Pembeli Online Shop di Media Sosial Whatsapp
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.327Keywords:
tindak tutur direktif, whatsappAbstract
Penelitian ini menganalisis tentang tindak tutur direktif yang dilakukan untuk interaksi para pembeli dan penjual online shop di media social whatsapp. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan pragmatik, pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data yang dianalisis berupa kata-kata yang diperoleh dengan proses menyimak tindak tutur yang dilakukan oleh penjual dan pembeli saat berkomunakasi dalam online shop pada whatsapp. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, tindak tutur direktif yang digunakakan oleh penjual dan pembeli secara online dalam hal ini yang ada di whatsapp. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak atau penyimakan dan teknik catat, teknik lanjutan screenshot. Hasil penelitian ada penggunaan tindak tutur direktif yang terdapat pada whatsapp pembeli dan penjual berupa, meminta, memerintah, menasehati, memesan, dan merekomendasikan.
References
Afifuddin dan Saebani. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Pustaka Setia
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Poerwadaminta. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Raco, J.R. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grafindo.
Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Sarwono, Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karya Ilmiah Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Yogyakarta: ANDI
Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana
Tarigan, Henry Guntur. 2006. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Lyswidia Andriarsih, Kantih Budiasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.