Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Penjual dan Pembeli Online Shop di Media Sosial Whatsapp

Authors

  • Lyswidia Andriarsih Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal
  • Kantih Budiasih Prodi PGMI IBN Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.327

Keywords:

tindak tutur direktif, whatsapp

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang  tindak tutur  direktif yang dilakukan untuk interaksi para pembeli dan penjual online shop di media social whatsapp. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan pragmatik, pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data yang dianalisis  berupa kata-kata yang diperoleh dengan proses menyimak tindak tutur yang dilakukan oleh penjual dan pembeli saat berkomunakasi dalam online shop pada whatsapp. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, tindak tutur direktif yang digunakakan oleh penjual dan pembeli secara online dalam hal ini yang ada di whatsapp.  Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak atau penyimakan dan teknik catat, teknik lanjutan screenshot. Hasil penelitian ada penggunaan tindak tutur direktif yang terdapat pada whatsapp pembeli dan penjual berupa, meminta, memerintah, menasehati, memesan, dan merekomendasikan.

References

Afifuddin dan Saebani. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Pustaka Setia

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Poerwadaminta. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Raco, J.R. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grafindo.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Sarwono, Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karya Ilmiah Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Yogyakarta: ANDI

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana

Tarigan, Henry Guntur. 2006. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Lyswidia Andriarsih, & Kantih Budiasih. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Penjual dan Pembeli Online Shop di Media Sosial Whatsapp. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 251–263. https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.327