FIQH PENDIDIKAN ANAK PASCA KELAHIRAN: Telaah Teoritik Pemikiran Mustafa al-Adawi dalam Kitab Fiqh Tarbiyat al-Abn' wa taifah min Nasaih al-Atibbq’ii
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.326Keywords:
Pendidikan anak, pasca kelahiran, mushtafa al adawiAbstract
penerus yang akan menjadi mata rantai keberadaan manusia selanjutnya, Oleh sebab itu, kedua orang tuanya berkewajiban mengarahkan dan memberikan pendidikan terbaik pasca ia dilahirkan di dunia. Menurut Mu??af? al-‘Adaw?, terdapat beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh kedua orang tua pasca dikarunia anak, di antaranya adalah: selalu bersyukur kepada Allah SWT, tidak mencela apabila lahir berparas buruk, memohon perlindungan kepada Allah SWT, men-tahnik dan mendoakan keberkahan, memberi nama yang baik dan melaksanakan aq?qah.
Walaupun tema-tema yang diperbincangkan bersifat tekstual dan tematik dengan membiarkan al-Qur’an dan al-Hadis bericara sesuai dengan teksnya serta banyaknya mencantumkan ayat-ayat al-Qur’an dan al-Hadis sebagai pendukung argumentasinya.
Namun, pada intinya sentral pemikiran pendidikan anak pasca kelahiran lebih tertuju pada bagaimana mengembangkan dan mengarahkan ruhani anak agar berjalan sesuai dengan potensi baik (fi?rah) yang dimiliknya sejak dalam kandungan, karena Islam telah memberikan dasar-dasar dan konsep pendidikan anak secara jelas. Dengan demikian, upaya untuk mencapai tujuan pendidikan anak pada usia selanjutnya tidak akan mengalami hambatan.
References
Al-‘Adaw?, Mu??af?, Tarbiyat al-Abn? wa ??ifah min Na??ih al-A?ibb?’i, Jeddah: Majid ‘A??r?, 1998.
Al-An??r?, Zakariya, Asna al-Ma??lib, ttp.,:tnp.,tt.
Al-Bah?ti, Man??r bin Y?nus, Kassy?f al-Qin? ‘an Matan al-Iqn?. Beirut: D?r al-Kutub al’Ilmiyah,tt,
Al-Bug?, Mu??af? Dib, at-Ta?h?b, Beirut: D?r Ibnu Ka??r, 1989.
Al-Bukh?r?, Ab? ‘Abdillah Muhammad bin Ism?’?l, ?a??? Bukh?r?, Beirut: D?r ?auq an-N?ja?, 2001.
Al-Jauz?, Ibnu Qayyim, Tukhfat al-Maud?d bi ah-K?m al-Maul?d, Damsyiq: D?r al-Bay?n, 1971.
Al-Kha???b, Muhammad, Maw?hib al-Jal?l f? Syarh al-Mukhta?ar al-Khal?l, Beirut: D?r al-Fikr, 1992.
Al-Khin, Mu??af? dan Mu??af? Dib al-Bug?, Al-fiqh al-Manhaj? ‘Al? Ma?hab asy-Sy?fi’?, Damsyiq: D?r al-Qalam, 1992.
Al-M??il?, Ab? Ya’l?, Musnad Abi? Ya’l? al-M??il?, Damsyiq: D?r al-Ma’m?n at-Tura?,1984.
Ash-Shiddieqy, M. Hasbi, Tuntuan Qurban dan Aqiqah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009.
As-Sijist?n?, Ab? D?w?d Sulaim?n, Sunan Ab? D?w?d, Beirut: al-Maktabah al-‘A?riyah, tt.
As-Subk?, T?juddin, Jam’u al-Jaw?mi’, Beirut: D?r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2002.
Asy-Syirb?n?, Ahmad Khat?b, Mugni al-Mu?t?j, Beirut: D?r al-Kutub al’Ilmiyah, 1994.
At-Tar?m?, Sayyid Muhammad, al-Was?il asy-Syaf?’ah fi al-A?k?r an-Nafi’ah wa al-Awr?d al-J?mi’ah, Beirut: D?r al-Ihy? al-‘Ilm,2000.
At-Tirmi??, Muhammad bin ?s?, Sunan Tirmi??, Beirut: D?r al-Garab al-Isl?m?, 1998.
http://ustadzaris.com/orang-teknik-mesin-yang-jadi-ulama
https://tandaseru.id/mentahnik-bayi-ternyata-punya-berbagai-manfaat-dari-sisi-medis/
Mansur, Pendidikan Anak Usia dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011..
Muchtar, Heri Jauhari, Fiqh Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Muslim, Ab? al-?usain ?a??? Muslim, Beirut: D?r al-I?y? at-Tura?, tt.
Qud?mah, Ibnu, al-Mugn?, Kairo: Maktabah Q?hirah, 1968.
Suraji, Imam, Prinsip-Prinsip Pendidikan Anak dalam Perspektif al-Qur’an dan al-Hadis, Pekalongan: STAIN Press, 2011.
Ulum, M. M. (2018). PENERAPAN KONSEP ??LU AZ-ZAM?N MENURUT AZ-ZARNUJI DI PONDOK PESANTREN ASMA’CHUSNA KRANJI KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 6(2), 170-198.
Ulw?n, Abdullah N?si?, Tarbiyat al-Aul?d f? al-Islam, Suriah: D?r as-Sal?m,tt.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Saeful Bahri, Mohamad Tri Abdul Mujib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.