Pengaruh Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey di SMP Se-Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal)
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.216Keywords:
Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik Siswa, Pemahaman Konsep MatematikaAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis tentang pengaruh efikasi diri dan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Hipotesis Penelitian yang diuji meliputi: Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika, Terdapat pengaruh langsung yang signifikan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika, Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa serta Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika secara signifikan. Penelitian dilakukan dengan metode survey, dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika secara signifikan. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatkan pemahaman konsep matematika dilakukan dengan mengurangi prokrastinasi akademik siswa terlebih dahulu, sehingga efikasi diri akan meningkat dengan lebih mudah dalam memahami pelajaran matematika dengan lebih baik dan lebih cepat.
References
Robbins, Stephen. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rumiani. 2006. Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 3(2), 37-48.
Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suhendri, Huri . 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1), 29-39.
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Kusuma Ningtyas Pramita Resya, Kantih Budiasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.