Pengaruh Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey di SMP Se-Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal)

Authors

  • Kusuma Ningtyas Pramita Resya Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.216

Keywords:

Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik Siswa, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis tentang pengaruh efikasi diri dan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Hipotesis Penelitian yang diuji meliputi: Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika, Terdapat pengaruh langsung yang signifikan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika, Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa serta Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika secara signifikan. Penelitian dilakukan dengan metode survey, dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika secara signifikan. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatkan pemahaman konsep matematika dilakukan dengan mengurangi prokrastinasi akademik siswa terlebih dahulu, sehingga efikasi diri akan meningkat dengan lebih mudah dalam memahami pelajaran matematika dengan lebih baik dan lebih cepat.

References

Robbins, Stephen. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rumiani. 2006. Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. 3(2), 37-48.

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suhendri, Huri . 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1), 29-39.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.

Downloads

Published

2019-05-25

How to Cite

Kusuma Ningtyas Pramita Resya. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey di SMP Se-Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal). La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 87–103. https://doi.org/10.62490/latahzan.v11i1.216