Konsep Pendidikan Islam dalam Kajian Tokoh (Studi Pemikiran al Qabisi)
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.126Keywords:
Al-Qabisi, Pendidikan IslamAbstract
Al-Qabisi merupakan salah satu tokoh pendidikan dan seorang pemikir yang mempunyai kredibilitas tinggi dan peran yang sangat besar dalam mengembangkan pendidikan Islam klasik serta berpartisipasi dalam mewarnai corak perkembangan dunia pendidikan Islam. Ia memiliki kemampuan dalam melontarkan ide-ide dan gagasan pembaharauan yang mudah dicerna dan dipahami serta dikonsumsi oleh masyarakat luas. Pola pemikiran al-Qabisi lebih tertuju pada pengembangan-pengembangan dari berbagai sudut pandang. Terlihat pada pemikirannya tentang anak didik bahwa bercampurnya antara anak didik laki-laki dan perempuan bisa dengan mudah merusak atau memperngaruhi psikologi anak didik lainnya. Demikian halnya dengan pemikirannya tentang pendidik yang menambah kode etik atau syarat-syarat bagi seorang pendidik. Menurutnya kurikulum pendidikan bisa saja mengalami pengembangan dan diselaraskan dengan melihat aspek kebutuhan pasar atau perkembangan zaman. Begitu juga tentang metode pendidikan menurut al-Qabisi harus diselaraskan dengan usia atau tahapan psikologi anak didik. Penelitian ini menggunakan metodologi literasi dengan mengmbil referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan pemikiran al-Qabisi.
References
Soenarjo dkk, Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta;Lajnah Pentashih al Qur’an Departemen Agama RI
Abdullah al-Amin al-Nu’my, 1995, Kaedah dan Tekhnik Pengajaran Menurut Ibnu Khaldun dan Al-Qabisy, Jakarta: t.pt.
Abu al Falah Abdul Hayyi, tt., Syadzarat al Dzahab Fi Akhbari Man Dzahab, Bairut;Dar al Fikri
Abu Hasan Ali al Qabisi, 1986, Risalat al Mufashillah Li Ahwal al Muta’allimin Wa Ahkam al Mu’allimin Wa al Muta’allimin, Tunis;Syirkah Tunisia li al Tauzi’.
Abu Isa Muhammad bin Isa bin Sauroh al Tirmidzi, 2005, Sunan al Tirmidzi, Beirut;Dar al Fikri
Abudin Nata, 2003, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
Ahmad Abdul Latief, 1987, al-Fikri al-Tarbawi al-Arabi al-Islami, Tunisia: Maktab al-Arabi
Ahmad Fuad al Ahwani, tt., al Tarbiyah fi al Islam, Cairo;Dar al Ma’arif
Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, 2009, Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam, Bandung;PT Refika Aditama
Ali al Jumbulati, 1994, Perbandingan Pendidikan Islam, Terj. M. Arifin. Jakarta; Rineka Cipta
Amir Syamsudin, al Fikr ‘Inda Ibn Syahnun wa al Qabisi, Dar al Iqra
Baisyuri Madjidi, 1997, Konsep Pendidikan Para Filosof Muslim, Yogyakarta;al Amin Press
Gamal Abdul Nasir, 2003, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam Menurut Ibn Sahnun, al Qabisi dan Ibn Khaldun, Kualalumpur;Cergas,
H. M. Arifin, 1991, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta;Bumi Aksara, cet, 7
Hadari Nawawi, 1993, Pendidikan Dalam Islam, Surabaya;al Ikhlas
Hasan Abd al Ali, 1977, al Tarbiyah al Islamiyah fil al Qarn al Rabi’ al Hijri, Beirut;Dar al Fikri
Hasan Langgulung, 2000, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta;Penerbit al Husna.
Hasbullah, 1999, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta;PT . Raja Grafindo Persada
Jalaludin, 1996, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta;Rajawali Press, cet. 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ahmad Hufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.