Konsep Pendidikan Islam dalam Kajian Tokoh (Studi Pemikiran al Qabisi)

Authors

  • Ahmad Hufron Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.126

Keywords:

Al-Qabisi, Pendidikan Islam

Abstract

Al-Qabisi merupakan salah satu tokoh pendidikan dan seorang pemikir yang mempunyai kredibilitas tinggi dan peran yang sangat besar dalam mengembangkan pendidikan Islam klasik serta berpartisipasi dalam mewarnai corak perkembangan dunia pendidikan Islam. Ia memiliki kemampuan dalam melontarkan ide-ide dan gagasan pembaharauan yang mudah dicerna dan dipahami serta dikonsumsi oleh masyarakat luas. Pola pemikiran al-Qabisi lebih tertuju pada pengembangan-pengembangan dari berbagai sudut pandang. Terlihat pada pemikirannya tentang anak didik bahwa bercampurnya antara anak didik laki-laki dan perempuan bisa dengan mudah merusak atau memperngaruhi psikologi anak didik lainnya. Demikian halnya dengan pemikirannya tentang pendidik yang menambah kode etik atau syarat-syarat bagi seorang pendidik. Menurutnya kurikulum pendidikan bisa saja mengalami pengembangan dan diselaraskan dengan melihat aspek kebutuhan pasar atau perkembangan zaman. Begitu juga tentang metode pendidikan menurut al-Qabisi harus diselaraskan dengan usia atau tahapan psikologi anak didik. Penelitian ini menggunakan metodologi literasi dengan mengmbil referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan pemikiran al-Qabisi.

References

Soenarjo dkk, Al Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta;Lajnah Pentashih al Qur’an Departemen Agama RI

Abdullah al-Amin al-Nu’my, 1995, Kaedah dan Tekhnik Pengajaran Menurut Ibnu Khaldun dan Al-Qabisy, Jakarta: t.pt.

Abu al Falah Abdul Hayyi, tt., Syadzarat al Dzahab Fi Akhbari Man Dzahab, Bairut;Dar al Fikri

Abu Hasan Ali al Qabisi, 1986, Risalat al Mufashillah Li Ahwal al Muta’allimin Wa Ahkam al Mu’allimin Wa al Muta’allimin, Tunis;Syirkah Tunisia li al Tauzi’.

Abu Isa Muhammad bin Isa bin Sauroh al Tirmidzi, 2005, Sunan al Tirmidzi, Beirut;Dar al Fikri

Abudin Nata, 2003, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada

Ahmad Abdul Latief, 1987, al-Fikri al-Tarbawi al-Arabi al-Islami, Tunisia: Maktab al-Arabi

Ahmad Fuad al Ahwani, tt., al Tarbiyah fi al Islam, Cairo;Dar al Ma’arif

Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, 2009, Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam, Bandung;PT Refika Aditama

Ali al Jumbulati, 1994, Perbandingan Pendidikan Islam, Terj. M. Arifin. Jakarta; Rineka Cipta

Amir Syamsudin, al Fikr ‘Inda Ibn Syahnun wa al Qabisi, Dar al Iqra

Baisyuri Madjidi, 1997, Konsep Pendidikan Para Filosof Muslim, Yogyakarta;al Amin Press

Gamal Abdul Nasir, 2003, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam Menurut Ibn Sahnun, al Qabisi dan Ibn Khaldun, Kualalumpur;Cergas,

H. M. Arifin, 1991, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta;Bumi Aksara, cet, 7

Hadari Nawawi, 1993, Pendidikan Dalam Islam, Surabaya;al Ikhlas

Hasan Abd al Ali, 1977, al Tarbiyah al Islamiyah fil al Qarn al Rabi’ al Hijri, Beirut;Dar al Fikri

Hasan Langgulung, 2000, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta;Penerbit al Husna.

Hasbullah, 1999, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta;PT . Raja Grafindo Persada

Jalaludin, 1996, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta;Rajawali Press, cet. 2

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Ahmad Hufron. (2021). Konsep Pendidikan Islam dalam Kajian Tokoh (Studi Pemikiran al Qabisi). La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54–82. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.126