Membentuk Citra Ideal Pengawas PAI di Era Pendidikan 4.0

Authors

  • Lili Hidayati STAI Al-Hikmah 2 Brebes
  • Solehudin SMPN 01 Tonjong Brebes

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.125

Keywords:

Citra, Ideal, Pengawas, PAI

Abstract

Saat ini kualitas pendidikan Indonesia masih jauh api dari panggang, masih rendah jika dibandingkan dengan negara lain di dunia. Setidaknya hal ini terlihat pada hasil survey PISA di tahun 2018. Banyak faktor yang menjadi sebab yang melatarbelakangi rendahnya prestasi Indonesia. Padahal sejatinya pendidikan masih menjadi satu-satunya lembaga yang diharapkan mampu mencetak generasi muda unggul yang akan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi negara maju. Terlebih lagi PAI mempunyai peran yang sangat penting untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya andal di bidang IPTEK saja namun juga IMTAK nya apalagi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Dan untuk dapat mewujudkannya maka diperlukan kerja sama semua pihak tak terkecuali peran Pengawas PAI. Karenanya diperlukan pengawas PAI yang memiliki kemampuan yang sejalan dengan kemajuan era revolusi industri 4.0, dan tulisan ini akan mengulas tentang ikhtiar membentuk citra ideal pengawas PAI dalam menghadapi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Dan beberapa ikhtiar yang bisa dilakukan untuk membentuk citra ideal pengawas PAI pertama adalah dengan membentuk jiwa kreatif pada diri seorang pengawas. Selain itudengan membentuk corporate mindset pada diri pengawas. Semua itu dilakukan agar pengawas PAI siap menghadapi era disruptif yang kompetitif dan sarat dengan perubahan sehingga jika sudah demikian maka bisa diharapkan dapat membentuk guru-guru handal yang mampu menyiapkan generasi bangsa yang hebat

References

Anggraeni, C.W., Promoting Education4 . 0 in English for Survival Class?:What are the Challenges??Metathesis, 2 (1), 2018.

Ardiansyah, Asrori Ardiansyah, Pengertian Pendidikan Agama Islam (PAI), dalam www. majalah pendidikan.com/2011/03/pengertian-pendidikan-agama-Islam-pai.html., diunduh pada 13 Maret 2021, pukul 19.30 wib.

Budiman, H, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 2017.

ikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto).Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 2013.

Kasali,R.,Disruption (9thed.), Jakarta: Gramedia, 2018.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2012, Bab1,Pasal 1 ayat 4.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2012, Bab 2, Pasal 4, ayat 2.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2012, Bab 4, Pasal 6, ayat 2.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2012, Bab 6, Pasal 8, ayat 1.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2012, Bab 7, Pasal 10.

Peter Fisk,“Education4.0…the Future of Learning Will Be Dramatically Different, in School and throughout Life, ”last modified 2017, accessed May11, 2019, http://www.the genius works.com/2017/01/future- education-young everyone-taught-together/.)

Prasetyo, B., &Trisyanti,U, RevolusiIndustri4.0 danTantangan Perubahan Sosial. In Prosiding Semateksos 3 “Strategi Pengembangan Nasional Menghadapi Revolusi Industri4.0”, 2018.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Wibawa, Sutrisna, Pendidikan dalam Revolusi Industri 4.0, 2018.

Yahya, M., Era Industri 4.0:Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia, Makasar.

Zuhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Lili Hidayati, & Solehudin. (2021). Membentuk Citra Ideal Pengawas PAI di Era Pendidikan 4.0. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 32–53. https://doi.org/10.62490/latahzan.v13i1.125