Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa saat Awal Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.105Keywords:
efektifitas, media online, hasil, belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya aturan Surat Edaran
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 697/03/2020 tanggal 26
Maret 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Direktur Jenderal
Pendidikan Islam Nomor 657/03/2020 tentang Upaya Pencegahan
Penyebaran Covid-19 (Corona) di Lingkungan Perguruan Tinggi
Kegamaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas dari penggunaan media pembelajaran online yang
digunakan selama perkuliahan oleh dosen dan mahasiswa IBN Tegal.
Sampel dari penelitian ini sebanyak 178 mahasiswa dari total populasi
sebanyak 300 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan survei, teknis analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menghitung jumlah jawaban responden dari
setiap pernyataan.
References
Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis! https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi pembelajaran-daring- (Online) Tersedia : kerjasama-kemendikbud gratis?page=all
Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020. (Online) Tersedia :https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99. DOI: 10.29303/jipp.v5i1.111
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020) Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020. (Online) Tersedia : https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89
Aurora, A, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Medi Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal teknik elektro dan vokasional vol 5 no 2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/105133
Badan Pusat Statistik. (2020). Banyaknya Desa/Kelurahan yang Tidak Memiliki Menara BTS Menurut Provinsi, Klasifikasi Daerah dan Penerimaan Sinyal Telepon Selular, 2011, 2014 dan 2018. https://www.bps.go.id/dynamictable/2019/12/30/17 14/banyaknya-desa-kelurahan-yang-tidak-memiliki-menara-bts-menurut-provinsi-klasifikasi-daerah-dan-penerimaan-sinyal-telepon-selular-2011-2014-dan-2018.html
Bahauddin, A, dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Dimensi Tiga Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 5 No. 4. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdp b/article/view/15020
Darmawan, D. 2017. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja RosdakaryA
Henik, I, Indarto A.S, Dewi Tustika. 2014. Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E-LearningStudents Perception E-Elearning In Obstetrics Departement. Jurnal Ilmu Kebidanan, Volume II, Nomor 2, Agustus 2014. http://ejournal.akbidyo.ac.id/index.php /JIK/article/view/59/56
Heryadi, dkk. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Teknologi Pembelajaran. Vol. 2 No. 1. https://journal.institutpendidikan.ac.id/in dex.php/tekp/article/view/104
Iwan F. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104 – 117 https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104 -117.pdf
Muhammad M El Iq Bali. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi dalam Distance Learning. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/198/
Ni’mah, F. I. 2016. Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling“Sekolah Dolan”. Malang: Manajemen Pendidikan Volume 25, Nomor 1, Maret 2016: 112-119. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/15-Faiqotul-Izzatin-Ni%E2%80%99mah.pdf
Nurita P. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 2, No. 2, Desember 2013. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/ saintek/article/view/224/223
Padmadewi, N, dkk. 2017. Micro Teaching. Depok: PT. RajaGrapindo Persada.
Riskey O, Riantina F. A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020 http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4763/2824
Sulisworo, D. 2017. Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indoneia Volume 9 Nomor 1. http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/6658
Syarif, I. 2012. Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi vol 2 no 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1034
Wantara, dkk. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa-wi. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 4. https://media.neliti.com/media/publications/122399-ID-pengaruh-penggunaan-media-video-youtube.pdf
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
Yulia, D. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Sma Negeri I Gunung Talang. Jurnal Dimensi Vol. 2 No. 2. https://Www.Journal.Unrika.Ac.Id/Inde x.Php/Jurnaldms/Article/View/116
Zuhdy T. 2011. Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Cendekia Vol. 9 No. 2 Juli–Desember 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ahmad Faqih Udin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.