Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa saat Awal Pandemi Covid-19

Authors

  • Ahmad Faqih Udin Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.105

Keywords:

efektifitas, media online, hasil, belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya aturan Surat Edaran
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 697/03/2020 tanggal 26
Maret 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Direktur Jenderal
Pendidikan Islam Nomor 657/03/2020 tentang Upaya Pencegahan
Penyebaran Covid-19 (Corona) di Lingkungan Perguruan Tinggi
Kegamaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas dari penggunaan media pembelajaran online yang
digunakan selama perkuliahan oleh dosen dan mahasiswa IBN Tegal.
Sampel dari penelitian ini sebanyak 178 mahasiswa dari total populasi
sebanyak 300 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan survei, teknis analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menghitung jumlah jawaban responden dari
setiap pernyataan.

References

Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis! https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi pembelajaran-daring- (Online) Tersedia : kerjasama-kemendikbud gratis?page=all

Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020. (Online) Tersedia :https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99. DOI: 10.29303/jipp.v5i1.111

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020) Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020. (Online) Tersedia : https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89

Aurora, A, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Medi Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal teknik elektro dan vokasional vol 5 no 2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/105133

Badan Pusat Statistik. (2020). Banyaknya Desa/Kelurahan yang Tidak Memiliki Menara BTS Menurut Provinsi, Klasifikasi Daerah dan Penerimaan Sinyal Telepon Selular, 2011, 2014 dan 2018. https://www.bps.go.id/dynamictable/2019/12/30/17 14/banyaknya-desa-kelurahan-yang-tidak-memiliki-menara-bts-menurut-provinsi-klasifikasi-daerah-dan-penerimaan-sinyal-telepon-selular-2011-2014-dan-2018.html

Bahauddin, A, dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Dimensi Tiga Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 5 No. 4. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdp b/article/view/15020

Darmawan, D. 2017. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja RosdakaryA

Henik, I, Indarto A.S, Dewi Tustika. 2014. Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E-LearningStudents Perception E-Elearning In Obstetrics Departement. Jurnal Ilmu Kebidanan, Volume II, Nomor 2, Agustus 2014. http://ejournal.akbidyo.ac.id/index.php /JIK/article/view/59/56

Heryadi, dkk. 2017. Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Teknologi Pembelajaran. Vol. 2 No. 1. https://journal.institutpendidikan.ac.id/in dex.php/tekp/article/view/104

Iwan F. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104 – 117 https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104 -117.pdf

Muhammad M El Iq Bali. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi dalam Distance Learning. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/198/

Ni’mah, F. I. 2016. Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling“Sekolah Dolan”. Malang: Manajemen Pendidikan Volume 25, Nomor 1, Maret 2016: 112-119. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/15-Faiqotul-Izzatin-Ni%E2%80%99mah.pdf

Nurita P. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 2, No. 2, Desember 2013. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/ saintek/article/view/224/223

Padmadewi, N, dkk. 2017. Micro Teaching. Depok: PT. RajaGrapindo Persada.

Riskey O, Riantina F. A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020 http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4763/2824

Sulisworo, D. 2017. Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indoneia Volume 9 Nomor 1. http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/6658

Syarif, I. 2012. Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi vol 2 no 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1034

Wantara, dkk. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa-wi. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 4. https://media.neliti.com/media/publications/122399-ID-pengaruh-penggunaan-media-video-youtube.pdf

Wibawanto, W. 2017. Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif

Yulia, D. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Sma Negeri I Gunung Talang. Jurnal Dimensi Vol. 2 No. 2. https://Www.Journal.Unrika.Ac.Id/Inde x.Php/Jurnaldms/Article/View/116

Zuhdy T. 2011. Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Cendekia Vol. 9 No. 2 Juli–Desember 2011.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Faqih Udin, A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa saat Awal Pandemi Covid-19. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 215–229. https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.105