Kecerdasan Spiritual (SQ) Sebagai Faktor Pendukung Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.103Keywords:
Kecerdasan Spiritual (SQ), Faktor Pendukung Hasil Belajar SiswaAbstract
Keberhasilan dalam proses pembelajaran merupakan bentuk dari
usaha yang telah dilakukan oleh siswa. Salah satu konsep yang pernah
dirumuskan oleh para ahli mengatakan bahwa keberhasilan dalam
belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, yang bersumber dari dalam
(internal) maupun dari luar (eksternal) diri individu. Pada penelitian
mengukur kecerdasan spiritual (SQ) sebagai faktor pendukung hasil
belajar, menarik untuk diteliti dan dibuat dalam sebuah artikel ilmiah.
Dari hasil kajian literatur dan berabagai pengalaman dilapangan
khususnya pada siswa yang belajar dihasilkan bahwa, Prestasi belajar
terwujud dari kecakapan seseorang dalam menyelesaikan problema
(masalah) yang terkait dengan konsep-konsep ilmu tertentu. Indikasi
kemampuan siswa terwujud dari hasil belajar dan pengalaman
belajarnya sebagai indikator pencapaian tujuan pembelajaran
dibuktikan oleh penelitian dari Kasih Haryo Basuki, dalam hasil
penelitiannya bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan
kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar. Sebagaimana hadits
Rasullullah SAW, “Sesungguhnya orang cerdas adalah orang yang
senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan dia beramal untuk
sesudah mati”.
References
Azwar Saifuddin,1999, Pengantar Psikologi Intelegensi, Yogyakarta ,Pustaka Pelajar.
Agustian Ary Ginanjar, 2008, Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan, Jakarta: Penerbit Arga.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat, Jakarta : PT. Gramdedia Pustaka Utama.
J.P. Chaplin, 2008, Kamus Lengkap Psikologi terjemahan Kartini Kartono, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Mujib, Abdul, 2002, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Marshall, Ian, dan Zohar Danah, 2001, SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Holistik Memaknai Kehidupan Bandung, PT. Mizan Pustaka.
Muslich Masnur, 2011, Authentic Assesment Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi, Bandung, PT refika Aditama.
Mudjiono dan Dimyati, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Surakarta : Pustaka Belajar.
Purwanto, 2008, Evaluasi Hasil Belajar, Surakarta, Pustaka Belajar.
Siswanto, Wahyudi, 2010, Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak, Jakarta, Amzah Safaria ,
Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhaniah Transcendental Intelligence Membentuk Kepribadian Yang Bertanggungjawab Profesional, dan Berakhlak, Jakarta : Gema Insani, 2011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Samsul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.