Kecerdasan Spiritual (SQ) Sebagai Faktor Pendukung Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Samsul Arifin IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.103

Keywords:

Kecerdasan Spiritual (SQ), Faktor Pendukung Hasil Belajar Siswa

Abstract

Keberhasilan dalam proses pembelajaran merupakan bentuk dari
usaha yang telah dilakukan oleh siswa. Salah satu konsep yang pernah
dirumuskan oleh para ahli mengatakan bahwa keberhasilan dalam
belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, yang bersumber dari dalam
(internal) maupun dari luar (eksternal) diri individu. Pada penelitian
mengukur kecerdasan spiritual (SQ) sebagai faktor pendukung hasil
belajar, menarik untuk diteliti dan dibuat dalam sebuah artikel ilmiah.
Dari hasil kajian literatur dan berabagai pengalaman dilapangan
khususnya pada siswa yang belajar dihasilkan bahwa, Prestasi belajar
terwujud dari kecakapan seseorang dalam menyelesaikan problema
(masalah) yang terkait dengan konsep-konsep ilmu tertentu. Indikasi
kemampuan siswa terwujud dari hasil belajar dan pengalaman
belajarnya sebagai indikator pencapaian tujuan pembelajaran
dibuktikan oleh penelitian dari Kasih Haryo Basuki, dalam hasil
penelitiannya bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan
kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar. Sebagaimana hadits
Rasullullah SAW, “Sesungguhnya orang cerdas adalah orang yang
senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan dia beramal untuk
sesudah mati”.

References

Azwar Saifuddin,1999, Pengantar Psikologi Intelegensi, Yogyakarta ,Pustaka Pelajar.

Agustian Ary Ginanjar, 2008, Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan, Jakarta: Penerbit Arga.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat, Jakarta : PT. Gramdedia Pustaka Utama.

J.P. Chaplin, 2008, Kamus Lengkap Psikologi terjemahan Kartini Kartono, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Mujib, Abdul, 2002, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Marshall, Ian, dan Zohar Danah, 2001, SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Holistik Memaknai Kehidupan Bandung, PT. Mizan Pustaka.

Muslich Masnur, 2011, Authentic Assesment Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi, Bandung, PT refika Aditama.

Mudjiono dan Dimyati, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Surakarta : Pustaka Belajar.

Purwanto, 2008, Evaluasi Hasil Belajar, Surakarta, Pustaka Belajar.

Siswanto, Wahyudi, 2010, Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak, Jakarta, Amzah Safaria ,

Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhaniah Transcendental Intelligence Membentuk Kepribadian Yang Bertanggungjawab Profesional, dan Berakhlak, Jakarta : Gema Insani, 2011

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Samsul Arifin. (2020). Kecerdasan Spiritual (SQ) Sebagai Faktor Pendukung Hasil Belajar Siswa. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 201–214. https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.103