Supervisi Klinis dalam Latar Budaya Pesantren di MA Salafiyah Kajen Margoyoso Pati

Authors

  • Nusaibah IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.101

Keywords:

Supervisi Klinis, Budaya Pesantren, Madrasah

Abstract

Supervisi klinis merupakan kegiatan krusial yang dilaksanakan oleh
kepala sekolah selaku supervisor internal demi terwujudnya proses
belajar mengajar yang ideal. Meninjau dari segi pelaksanaannya di
Madrasah berbasis pesantren, kegiatan supervisi klinis menjadi realitas
yang unik dan menarik. Hal ini lantaran masih melekatnya budaya
pesantren yang secara tidak sadar terintegrasi dan termanifestasi
dalam segala aktivitas supervisi yang dilakukan. Penelitian kualitatif
ini bertujuan untuk mengelaborasi terkait alur pelaksanaan, ragam
kendala yang dihadapi serta capaian supervisi klinis dalam latar
budaya pesantren di MA Salafiyah Kajen. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan supervisi klinis di MA Salafiyah Kajen
meliputi pra observasi, observasi dan pasca observasi. Pendekatan dan
teknik supervisi yang bersifat kondisional ditujukan untuk mengatasi
kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran yang seringkali dihadapi oleh
guru baru, guru yang memiliki latar belakang pendidikan pesantren
serta perguruan tinggi non-pendidikan. Dalam pelaksanaannya
dijumpai kendala internal maupun eksternal yang muncul dari pihak
supervisor dan supervisee meliputi kurangnya intensitas pelaksanaan
supervisi klinis karena keterbatasan waktu dan tenaga supervisor,
timbulnya rasa sungkan untuk menyampaikan kesulitan mengajar
serta input siswa yang variatif. Adapun capaian supervisi klinis terlihat
dari beberapa indikator positif yang nampak pasca pelaksanaan, antara
lain supervisi klinis dapat membantu guru dalam perbaikan metode
dan penampilan mengajar, memudahkan perencanaan dan realisasi
program-program berkelanjutan, meningkatkan kualitas siswa dan
lulusan (output) serta dapat membangun kepercayaan masyarakat
terhadap MA Salafiyah.

References

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.

Bizawie, A. Zainul Milal. 2012. Pomdok Kajen Wetan Banon Pesantren Salafiyah dalam Lintasan Sejarah Perjuangan Tiga Tokoh Beda Zaman: Syekh A. Mutamakkin, KH. Sirodj dan KH. Baidlowie Sirodj. Kajen: Pustaka Compass.

Bruinessen, Martin Van. 1995. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Center, Jeanne M. Holm (Tt.). Effective Supervision. Tersedia: https://www3.nd.edu/~jthomp19/AS300/2_Spring%20Semester/Effective_Supervision_V2.pdf, (8 Agustus 2018).

Danumiharja, Mintarsih. 2014. Profesi Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Deepublish. Departemen Pendidikan Nasional. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fatmawati, Erma. 2015. Profil Pesantren Mahasiswa. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Geertz, Clifford. 1976. The Religion of Java. Chicago & London: University of Chicago Press.

Hikmat. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Jelantik, A.A. Ketut. 2015. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Panduan Menuju PKKS. Yogyakarta: Deepublish.

Kazi Hoque dkk. 2016. Educational Supervision and Devbelopment. Germany: German National Library.

Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimipinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenamedia.

Kompri, 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatam Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana.

Marczely, Bernadette. 2001. Instructor’s Manual for Supervision in Education. Maryland: Aspen Publisher.

Marzano, Robert J.. 2011. Effective Supervision: Supporting The Art and Science of Teaching. ASCD.

Mathew B. Miles and A. Michael Huberman. . 1994. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Musriadi. 2018. Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif. Yogyakarta: Deepublish.

Nermin Bulunuz, dkk (2014). “The Implementation and Evaluation of a Clinical Supervision Model in Teacher Education in Turkey: Is It an Effective Method?”, Educational Sciences Theory and Practice, tersedia: https://www.researchgate.net/publication/280768437_The_Implementation_and_Evaluation_of_a_Clinical_Supervision_Model_in_Teacher_Education_in_Turkey_Is_It_an_Effective_Method, (8 Agustus 2018).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Purwanto, Ngalim. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rizal Panggabean dkk. 2015. Manajemen Konflik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.

Satrijo Budiwibowo dan Sudarmiani. 2018. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Serle B, Nouvelle. Tt. Teacher Supervision and The Concept of Clinical Supervision. Revuedu Cames Journal. Vol. 008 N 1-2007.

Steenbrink, Karel A.. 1991. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Subarna, Barna. Tt. Pendidikan Gratis Sekolah Menengah Pertama: Antara Harapan dan Kenyataan. Yogyakarta: Deepublish.

Sujiranto. 2018. Kompetensi Kepala Sekolah dalam Menyusun Program Supervisi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. 2018. Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Caremedia Communication.

Tatang S. 2016. Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pusaka Setia.

Wayne K. Hoy and Patrick B Forsyth. Tt. Effective Supervision: Theory into Practice.

Woodward, Mark. 1999. Islam Jawa: Kesalehan Normatif versus Kebatinan. Yogyakarta: LkiS.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Nusaibah. (2020). Supervisi Klinis dalam Latar Budaya Pesantren di MA Salafiyah Kajen Margoyoso Pati. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 149–175. https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.101