Shalawat Nasionalisme: Kontribusi Shalawat Pimpinan Habib Syekh dalam Menumbuhkan Nasionalisme Pelajar di Kota Kediri Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.100Keywords:
Sholawat, Nasionalisme dan PelajarAbstract
Beberapa tahun terakhir isu nasionlisme menjadi trending karena
sebagian kelompok menganggap nasionlisme tidak ada dalil
syariatnya. Tidak sedikit, banyak pelajar juga yang terpengaruh
dengan pemikiran ini. Melalui Majelis Shlawat, Habib Syekh Bin
Abdul Qodir Assegaf, membantah hal tersebut dan mengajak pelajar
untuk mencintai bangsanya. Lewat media Majelis Shalawat, habib
syekh melantunkan sholawat dan lagu-lagu nasional sekaligus
memberi nasihat tentang nilai pendidikan, kemanusian dan
ketuhanan. Nilai-nilai tersebut selanjutnya digunakan sebagai dalil
untuk menumbuhkan sikap nasionalisme di kalangan pelajar.
References
Arif Zamhari. Rituals of Islamic Spirituality: A Study of Majlis Dhikr Groups in East Java. Canberra ACT 0200, Australia: ANU E Press, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Barot, M Albar Robbani. “PERAN SOSIAL HABIB DALAM KOMUNITAS SOSIAL (STUDI KASUS DI MAJELIS ILMU & DZIKIR AR-RAUDHAH SURAKARTA),” 2017, 19.
Clifford Geertz. The Javaanese Kijaji : The Changing Roles of a Cultural Broker, Comparative Studies in Society and History. New York: The Free Press, 1960.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Reseacrh (Yogyakarta: ANDI, 2004)
Hiroko Horikoshi. Kyai Dan Perubahan Sosial. Jakarta: P3M, 1987.
Isrofil, Muhammad. “PERAN SOSIAL HABIB DALAM KOMUNITAS SOSIAL (STUDI KASUS DI MAJELIS ILMU & DZIKIR AR-RAUDHAH SURAKARTA).” SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant 5, no. 2 (June 21, 2017). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/10287.
Mawardi, Kholid. “Shalawatan: Pembelajaran Akhlak Kalangan Tradisionalis” 14, no. 3 (n.d.):
Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000)
Muhamad Zainuddin, 121211131228. “MAKNA, NILAI, DAN FUNGSI KASIDAH HABIB SYEKH BIN ABDUL QADIR ASSEGAF TERHADAP SYEKHER MANIA DI KABUPATEN KEDIRI.” Skripsi, Universitas Airlangga, 2017. http://lib.unair.ac.id.
Muhtarom, Ali. “SPIRITUALITY ENHANCEMENT THROUGH COLLECTIVE PRAYING,” n.d., 21.
Nawawi, Hadari, Metode penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2007)
Nur, Hudha, and Abdullah Faishol Drs. “NILAI - NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TEMBANG PEPALI KI AGENG SELA CIPTAAN GUS ASLAMUDDIN YANG DIPOPULERKAN OLEH HABIB SYEKH BIN ABDUL QODIR ASSEGAF.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2017. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1225/.
Rosyid, Nur. “BERSHALAWAT BERSAMA HABIB: TRANSFORMASI BARU RELASI AUDIENS MUSLIM NU DI INDONESIA” VII (December 1, 2012).
Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Jakarta: Kencana, 2012)
Shobah, Ahmad Nurus. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SYAIR-SYAIR KARYA HABIB SYEKH BIN ABDUL QADIR ASSEGAF.” Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2016. http://digilib.uinsby.ac.id/5296/.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2010)
Suryaningrum, Dirana Sofiah, Mushlihin, and Andy Hadiyanto. “Pandangan Anggota Rohis SMA Tentang Radikalisme Agama (Studi Komparatif Rohis SMA Labschool Jakarta Dan SMKN 26 Jakarta).” Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani 13 (2017). https://doi.org/doi.org/10.21009/JSQ.013.1.03.
Zahid, Moh. “ISLAM WAHIDIYAH (Ajaran dan Pengamalan Shalawât Wahidiyah dalam,” n.d., 18. 14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Asep Rahmatullah, Mohammad Syafiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform, or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.