IMPLEMENTASI KONSEP PERIKLANAN DALAM PERBANKAN SYARIAH

Authors

  • Alip Toto Handoko Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Khilfatun Khamidah Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

Keywords:

Periklanan, Implementasi, Komprehensif

Abstract

Etika bisnis haruslah tetap menjaga komitmen bersama, sikap tulus, ikhlas dan mampu menjaga jalinan kontrak sosial, agar terhindar dari usaha yang tidak sehat dan mengandung tipu daya dalam memasarkan produk melalui bisnis periklanan. Inilah hal yang penting dan genting untuk dikaji melalui artikel ini. Sebab Islam telah berbicara banyak tentang bagaimana prinsip dan pedoman dasar dalam bisnis periklanan yang menguntungkan di antara perusahan dan konsumen.

Implementasi konsep periklanan pada setiap bank itu pasti berbeda. Hal ini dikarenakan, setiap bank mempunyai cara ataupun strategi tersendiri dalam menarik minat masyarakat sehingga mereka menggunakan produk bank tersebut. Periklanan sendiri sebenarnya mempunyai andil yang sangat besar dalam meningkatkan minat nasabah, ini bisa kita lihat ketika bank itu menyajikan iklan yang menarik atau berbeda dari pada yang disajikan bank lain, maka masyarakat akan merasa bahwa bank tersebut mempunyai daya tarik sendiri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga menyebabkan bertambahnya nasabah di dalam bank tersebut.

Secara komprehensif iklan merupakan segala aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal yang dibayar oleh sponsor tertentu. Informasi yang dipublikasikan melalui iklan sesuai dengan karakter emosional maupun rasional, baik yang berkenaan dengan keunggulan, kenyamanan dan kehalalan produk, serta sajian iklan yang tidak menjelakan orang lain.

Published

2021-11-30

How to Cite

Handoko, A. T., & Khamidah, K. (2021). IMPLEMENTASI KONSEP PERIKLANAN DALAM PERBANKAN SYARIAH. Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 48–57. Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/244

Issue

Section

Articles