PENGUATAN ENERGI EMOSI DAN INTUISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM BATIK

(Studi Kasus pada Kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal)

Authors

  • Alip Toto Handoko Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

Keywords:

ESQ, Intuisi, Kinerja

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada Kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten adalah masih kurang maksimalnya kinerja usaha para anggotanya. Sejak berdirinya pada Agustus 2017 sebagian besar kegiatan yang dilakukan ibu-ibu secara turun temurun dari nenek moyang mereka. Selain itu juga, mereka mencoba melakukan usaha untuk menopang pendapatan suami. Pelaku usaha untuk mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan. Kebanyakan ibu-ibu karena faktor trend atau ikut-ikutan membuat ketertarikan dalam kegiatan membatik. Keberadaan UMKM yang tergabung di dalamnya mengalami pasang surut dalam menjalankan roda usahanya. Daya saing produk masih kurang kompetitif baik di kalangan batik lokal tegalan, maupun dengan industri batik Jawa seperti Solo, Yogyakarta dan Pekalongan. Promosi yang dilakukan juga belum mampu memberikan gaung yang berarti bagi kelangsungan usaha.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal dengan responden para pelaku UMKM anggota Kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten Kecamatan Adiwerna sejumlah 36 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh penguatan energi emosi dan penguatan intuisi terhadap kinerja kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten. Hasil analisis secara bersama-sama juga menunjukkan adanya pengaruh penguatan energi emosi dan penguatan intuisi terhadap kinerja kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten. Penguatan energi emosi mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten jika dibandingkan dengan penguatan intuisi.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Handoko, A. T. (2019). PENGUATAN ENERGI EMOSI DAN INTUISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM BATIK : (Studi Kasus pada Kelompok UMKM Batik Sekar Alam Desa Pagiyanten Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal). Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(2), 42–54. Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/71

Issue

Section

Articles