PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA BMT DINAR RAHMAT INSANI MUAMALAT KCP PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL

Authors

  • Dina Amalia
  • Khilfatun Khamidah Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

Abstract

Baitul Mal wa Tamwil (BMT) adalah salah satu lembaga keuangan syariah yang harus selalu menyiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang semakin lama semakin berkembang. Perusahaan harus memperhatikan hal-hal penting agar anggota merasakan kepuasan sebagaimana yang diharapkan. Dalam menghadapi para anggota, suatu lembaga keuangan dituntut harus mengedepankan kualitas pelayanan dan kepuasan para anggotanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada BMT DRI Muamalat KCP Pagerbarang Kabupaten Tegal.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. taknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada anggota BMT DRI Muamalat KCP Pagerbarang Tegal. Dalam menentukan populasi dan sampel, peneliti menggunakan metode Simple Random Sampling dimana populasi  995 anggota menjadi 91 anggota menjadi sampel dengan menggunakan pendekatan rumus slovin. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 20. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, korelasi, koefisien determinasi dan uji T.

Hasil dari analisis korelasi menunjukkan bahwa antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan anggota yaitu signifikan atau probabilitas 0,293 > 0,05. Hal itu berarti Ho diterima atau dengan kata lain hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah tidak terdapat pengaruh positif. Berdasarkan hasil analisis uji T, bahwa nilai t(t hitung) untuk kualitas pelayanan adalah sebesar 139,285 dan nilai t (t hitung) untuk kepuasan anggota adalah sebesar 164,208. hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota.

Published

2020-05-01

How to Cite

Amalia, D., & Khamidah, K. (2020). PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA BMT DINAR RAHMAT INSANI MUAMALAT KCP PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL . Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1). Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/104

Issue

Section

Articles