MODEL-MODEL PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PADA INTITUT AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (IBN) TEGAL

Authors

  • Sarja

Keywords:

Model, Perilaku Konsumen, Mengambil Keputusan.

Abstract

Perguruan tinggi adalah lembaga yang bergrak dibidang jasa pendidikan, dengan hadirnya kampus IBN Tegal diharapkan dapat memberikan pelayanan yang bisa menciptakan kepuasan terhadap mahasiswa sebagai konsumennya, Dalam menjalani aktivitas kehidupan didunia, setiap individu atau kelompok untuk memenuhi kebutuhan hidup didasarkan pada pembelian, siapa saja yang ingin memutuskan untuk memilih kampus ataupun jurusan akan mempertimbangkan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya  faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi, dan lingkungan ekternal lingkungan internal. Proses pengambilan keputusan untuk Setiap konsumen melewati beberapa tahap. ada lima tahapan proses pembelian, yakni : pengenalan masalah,  pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian. Adapun output yang menjanjikan dan berkualias dari IBN Tegal  tindakan ini akan memabawa kedalam tahapan perilaku konsumen untuk mendaptakan dan merasakan manfaat dari memilih prodi, Situasi untuk mendapatkan berbagai macam barang dan jasa, akan terjadinya keputusan seorang konsumen cepat bereaksi dengan tiga situasi yaitu komunikasi, pembelian, pemakaian. Pengaruh waktu dan situasi dipergunakan oleh konsumen. Kemungkinan perbedaan situasi akan merubah dalam keputusan membeli. Faktor situasinal sebagai proses yang utama dalam proses pembelian. Sebagai dasar konsumen dalam menentukan pengambilan keputusan pemebelian mengacu pada intuisi (bawah sadar), pengalaman, fakta, wewenang, rasional. Kondisi dan problem seseorang akan berbeda-beda untuk mencapai sebuah pengaruh yang dituju baik perorangan maupun kelompok. 

Downloads

Published

2019-05-30

How to Cite

Sarja. (2019). MODEL-MODEL PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PADA INTITUT AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA (IBN) TEGAL. Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1), 17–37. Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/21

Issue

Section

Articles