STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA

(Studi Kasus Toserba Pantes di Desa Kajen – Pati)

Authors

  • Ahmad Minanurrohman

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan yang diterapkan di Toserba Pantes Kajen dalam mempertahankan usaha.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data berupa orang (person) yaitu responden, tempat (place) yaitu pengamatan langsung dan simbol (paper) yaitu dokumentasi. Wujud data berupa kata-kata dan sumber tertulis. Peneliti mengambil 13 responden dengan rincian 1 pemilik, 2 karyawan dan 10 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data antara lain pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Penyajian hasil analisis dinarasikan menurut bahasa dan pemikiran peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang positif terhadap Toserba Pantes Kajen dalam mempertahankan usaha. Pengaruh positif strategi pemasaran mampu menentukan suatu produk dari segi kualitas,variasi dan brand, Penetapan harga mengikuti pasaran, adanya promosi, tempat yang strategis, memilih karyawan dengan seleksi, fasilitas yang memadai, proses pemasaran yang lebih baik. Pengaruh positif kualitas pelayanan mampu memenuhi kebutuhan konsumen, kemampuan pegawai yang baik, tanggap dalam pelayanan kepada konsumen.

Adapun saran yang diajukan konsumen meningkatkan promosi pemasaran yang lebih taktik mengikuti perkembangan zaman, tetap memperhatikan kualitas produk, kekuatan internal yang lebih dioptimalkan dalam mempertahankan usaha dan meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih baik.

Published

2020-11-30

How to Cite

Minanurrohman, A. (2020). STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA: (Studi Kasus Toserba Pantes di Desa Kajen – Pati). Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(2). Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/234

Issue

Section

Articles