PENINGKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI DOLANAN ANAK SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN (STUDI KASUS DI RA SITI KHATIJAH SLAWI)
Keywords:
Kata kunci: Kecerdasan Majemuk, Dolanan Anak, Strategi PembelajaranAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pembelajaran permainan tradisional meningkatkan kecerdasan majemuk/multiple intelligence di RA Siti Khatijah Slawi. Subjek penelitian ini adalah guru kelompok B melalui pengamatan dan hasil kegiatan belajar siswa. Metode kualitatif deskriptif dipilih dalam penelitian ini dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi kasus. Analisis penelitian ini menggunakan Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, analisis dan simpulan. Hasil penelitain didapati bahwa strategi pembelajaran menggunakan permainan tradisional memetakan kecerdasan majemuk siswa. Guru terbuka wawasannya mengenai penggunaan permainan tradisional tidak hanya mengasah kecerdasan Matematis dan Bahasa melainkan mengasah kecerdasan yang lain.
Kata kunci: Kecerdasan Majemuk, Dolanan Anak, Strategi Pembelajaran