PENGEMBANGAN KECERDASAN PADA AUD MELALUI KEGIATAN READ ALOUD DI PAUD AT TIN ADIWERNA TEGAL
Abstract
Abstrak: Saat ini mulai berkembang anak-anak yang meniru kata atau kalimat kebencian atau dalam istilah lain adalah ujaran kebencian. Kata atau kalimat tersebut mereka dapatkan dari lingkungan sekitar dan media sosial yang tidak baik tanpa batasan dan pendampingan orang tua. Hal tersebut berupa ucapan yang tidak sopan, meniru perilaku kekerasan, dan perilaku orang dewasa yang sangat tidak sesuai dengan anak. Jika setiap hari anak mendengar bahasa yang tidak baik, akan berpengaruh hingga anak tumbuh dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh story-reading (membacakan cerita) terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak usia dini, khususnya di TK Al Hikmah Rambipuji-Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa story-reading memberikan beberapa pengaruh positif terhadap peningkatan kecerdasan linguistik yaitu : (1) anak usia dini mengenal dan memahami kosakata baru (2) memahami alur suatu cerita (3) merangkai kata-kata untuk mengukapkan pesan yang tersirat dari suatu cerita. Simpulan, bahwa story-reading dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangna kecerdasan linguistik anak usia dini.
Kata kunci: Kecerdasan Bahasa, Read Aloud, Anak Usia Dini