Pelatihan Jurnalistik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Remaja di MTS Sunan Ampel

Authors

  • Shofiatun Nikmah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.62490/profetik.v2i02.668

Keywords:

jurnalistik, riterasi, remaja

Abstract

Artikel ini membahas peran pelatihan jurnalistik dalam meningkatkan kemampuan literasi remaja. Dalam konteks perkembangan digital yang pesat, literasi informasi dan media menjadi keterampilan penting bagi remaja untuk menavigasi dunia yang penuh informasi. Pelatihan jurnalistik, sebagai metode pendidikan, menawarkan pendekatan praktis yang memadukan teori dan praktik jurnalistik. Dengan melibatkan remaja dalam kegiatan seperti penulisan berita, wawancara, dan penelitian, pelatihan ini berpotensi memperkuat keterampilan literasi mereka, termasuk analisis kritis dan kemampuan komunikasi. Penelitian ini menggunakan studi kasus dari beberapa program pelatihan jurnalistik untuk mengevaluasi dampaknya terhadap literasi remaja. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan jurnalistik dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi remaja, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang media, dan membekali mereka dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan mereka. Artikel ini menyimpulkan bahwa integrasi pelatihan jurnalistik dalam kurikulum pendidikan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan literasi remaja.

References

Ahdiat, Adi. 2022. Mayoritas Warga RI cari Informasi di Media Sosial. 09 07. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/07/mayoritas-warga-ri-cari-informasi-di-media-sosial .

Bandura, Albert. 2002. "Growing Primacy of Human Agency in adaptation and Change in the electornic era." European Psychologist, 7 (1) 2-16.

Bobby Rachman Santoso, Fatmasari, Nurcholis. 2021. "Strategi Dakwah Multimedia Nahdlatul Ulama Melalui Instagram @nuonline_id." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7 (1) 115-135.

Bobby Rachman Santoso, Fatmasari, Nurcholis. 2021. "Strategi Dakwah Multimedia Nahdlatul Ulama Melalui Instagram @nuonline_id." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7 (1) 115-135. .

Chung-Wa (Chloe) Ki, Leslie M. Cuevas. 2020. "Influencer marketing: Social Media influencers as Human brands attaching to followers and Yielding positive marketing results by fulfilling Needs." Journal of Retailing and Consumer Services Vol. 55.

Jannah, Anifatul. 2019. Ulama Perempuan Nahdlatul Ulama Otoritas, Gender dan Media Baru. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Jeff Ritchey, Nurhaya Muchtar. 2014. "Indonesian Pesantren and Community Social Change: Moderate Islam’s Use of Media and Technology as Tools for Community Engagement." The Journal of Religion and Popular Culture 26 (03) 323-337.

Jeff Ritchey, Nurhaya Muchtar. 2014. "Indonesian Pesantren and Community Social Change: Moderate Islam’s Use of Media and Technology as Tools for Community Engagement." The Journal of Religion and Popular Culture 26 (03) 323-337.

Kamarudin. 2016. "Kontruksi Realitas dalam Media Massa." JURNALISME , 1(1).

Kominfo, Media. 2021. "Kominfo Blokir 20.453 Konten Terorisme Radikalisme di Media Sosial." Kominfo.go.id. 04 04. https://aptika.kominfo.go.id/2021/04/kominfo-blokir-20-453-konten-terorisme-radikalisme-di-media-sosial/.

Luthfiyah. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (sistematika penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.

Manik, Sondang. 2022. "Theory of Bandura’s Social Learning in the Process of teaching at SMA Methodist Berastagi Kabupaten Karo." Jurnal PKM:Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 03 (2) 82-91.

Yusup Rahman Hakim, Arry Bainus, Arfin Sudirman. n.d. "The Implementation of Counter Narrative Strategy to Stop Development of Radicalism among Youth: A Study on Peace Generation Indonesia." Central European Journal of International and Security Studies 13, (4).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nikmah, S. (2024). Pelatihan Jurnalistik dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Remaja di MTS Sunan Ampel. Profetik: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.62490/profetik.v2i02.668