Meneguhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Melalui Pengolahan Limbah Sampah Kepada Masyarakat Dukuhwaru

Authors

  • Pindha Kaptiningrum Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Muhammad Ariyo Tuslani Insitut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Suraya Kamaru Zaman Insitut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Winda Julia Nuáini Insitut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Mariyah Ulfah
  • Muhammad Musthofa Insitut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal
  • Tuftakhurrohmah Insitut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.62490/profetik.v2i01.403

Keywords:

phbs, waste, ecoenzym

Abstract

Kesadaran masyarakat kecamatan Dukuhwaru tentang perilaku hidup bersih dan sehat perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat pada perilaku Masyarakat kecamatan Dukuhwaru yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan belum bisa memilah serta mengolah sampah dengan baik. Oleh karena itu, kami melakukan pendekatan kepada masyarakat kecamatan Dukuhwaru melalui kegiatan sosialisasi PHBS.  Hasil dari kegiatan sosialisasi PHBS adalah meningkatnya kesadaran Masyarakat tentang kepedulian terhadap perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan. Selain itu pelatihan pemilahan dan pengelolahan sampah ini menghasilkan ecoenzyme yang bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat.

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes RI) Nomor 2269/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.” Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, November 13, 2023. Peraturanpedia.id. https://peraturanpedia.id/preview-pdf/.

Sutoyo, Edi, Ani Safitri, and Silo Mardadi. “Upaya Peningkatan Pemahaman Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Terkait Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Masyarakat Desa Leuwisadeng.” Abdi Dosen?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4, no. 1 (March 5, 2020): 13–20.

Wati, Puput Dwi Cahya Ambar, and Ilham Akhsanu Ridlo. “Hygienic and Healthy Lifestyle in the Urban Village of Rangkah Surabaya.” Jurnal PROMKES 8, no. 1 (2020): 47–58. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.47-58.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Kaptiningrum, P., Tuslani, M. A., Zaman, S. K., Nuáini, W. J., Ulfah, M., Musthofa, M., & Tuftakhurrohmah. (2024). Meneguhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Melalui Pengolahan Limbah Sampah Kepada Masyarakat Dukuhwaru. Profetik: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 40–51. https://doi.org/10.62490/profetik.v2i01.403