Pembuatan Susu Jagung Dan Packaging Yang Menarik Untuk Meningkatkan Perekonomian Di Desa Sangkanjaya Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.62490/profetik.v3i1.1043Keywords:
corn milk, local potentional utilization, innovative packaging designAbstract
Pembuatan susu jagung merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan potensi lokal jagung yang melimpah di desa-desa. Proses pembuatan susu jagung ini melibatkan pengolahan jagung menjadi produk minuman sehat yang kaya akan nutrisi. Selain memberikan nilai tambah pada hasil pertanian jagung, produk ini juga dapat menjadi alternatif pendapatan bagi masyarakat desa. Salah satu aspek penting dalam meningkatkan daya tarik produk ini adalah kemasan yang menarik. Penggunaan desain kemasan yang inovatif, ramah lingkungan, dan mudah dikenali dapat meningkatkan daya saing produk di pasar. Kemasan yang menarik tidak hanya berfungsi untuk melindungi kualitas susu jagung, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Dengan demikian, pembuatan susu jagung dan kemasan yang tepat dapat meningkatkan perekonomian desa, membuka lapangan kerja baru, serta memperkenalkan produk lokal ke pasar yang lebih luas. Produk ini juga berpotensi untuk meningkatkan pendapatan petani jagung dan pengusaha kecil, sekaligus memperkenalkan produk khas desa yang bernilai ekonomi tinggi.
Kata Kunci: susu jagung; pemanfaatan potensi lokal; desain kemasan inovatif; perekonomian desa
References
Astawan, M. (2009). Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-bijian. Penebar Swadaya. Buckle, K. A., Edwards, R. A., Fleet, G. H., & Wootton, M. (2009). Ilmu Pangan. Universitas Indonesia Press.
Jurnal dari Universitas Diponegoro mengenai Inovasi Desain Packaging untuk UMKM Susu Jagung Desa Jatisari.
Artikel dari Kumparan mengenai potensi desa Sangkanjaya sebagai penghasil Jagung. Jurnal mengenai Peningkatan Nilai Tambah Produk Pertanian Melalui Diversifikasi Produk Olahan Jagung.
Hidayat, S. (2017). Peluang Pengolahan Jagung Sebagai Produk Makanan dan Minuman. Jurnal Agribisnis, 14(2), 78-85.
Sugiono, D. (2018). Pengembangan Produk Olahan Jagung di Daerah Pedesaan. Jurnal Pembangunan Ekonomi Desa, 3(1), 45-59.
Nasution, H. (2019). Inovasi Pengemasan Produk untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Lokal. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 7(2), 112-120.
Widodo, W. (2020). Strategi Pengembangan Produk dan Pemasaran Susu Jagung di Desa. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(1), 34-47.