Analisis Minat Nasabah Dalam Menggunakan Payroll BPRS Bhakti Sumekar Saronggi
DOI:
https://doi.org/10.62490/iqtishodiah.v6i2.755Keywords:
Layanan Payroll, Minat NasabahAbstract
Payroll termasuk produk layanan yang berguna untuk membantu proses pembayaran gaji karyawan di suatu instansi. Pengeluaran gaji tiap bulannya tidak menentu dikarenakan adanya perubahan dari satu periode ke periode lainnya. Hal itu juga disebabkan karena pegawai negeri bisa menggunakan layanan payroll di lembaga keuangan lainnya, tentunya di balik semua itu ada faktor pendukung dan penghambat mengapa nasabah masih tetap setia menggunakan layanan payroll di BPRS. Bhakti Sumekar dan mengapa nasabah pindah lembaga ketika ingin menggunakan layanan payroll. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data untuk mendapatkan data yang akurat. untuk memverifikasi keakuratan data, peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa adanya kerjasama antara pihak perusahaan atau pemerintah dengan bank dalam layanan payroll tersebut. Layanan payroll di BPRS. Bhakti Sumekar Saronggi dapat digunakan setelah menjadi nasabah bank tersebut. Meningkatnya minat nasabah dalam menggunakan layanan payroll karena tidak adanya nisbah dalam layanan tersebut sehingga menjadi faktor pendukung layanan itu sendiri. Adapun penghambatnya terletak pada faktor penghambat eksternal yaitu terjadi keterlambatan pencairan gaji oleh bank baik dari pihak perusahaan ataupun pemerintah sehingga mengakibatkan terhutangnya gaji karyawan yang terkadang tidak dibayarkan