STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS (RAHN) SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM
(Study Kasus Pada PT. BPR Syariah Mandiri Mitra Sukses Cabang Sidayu )
DOI:
https://doi.org/10.62490/iqtishodiah.v5i1.424Keywords:
Gadai emas, Jumlah Nasabah, Strategi PemasaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran produk gadai emas (Rahn) dalam meningkatkan jumlah nasabah ditinjau dari prespektif islam di PT. BPR Syariah Mandiri Mitra Sukses cabang Sidayu. Jenis dari penelitian ini adalah jenis metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis menggunakan SWOT dan marketing mix. Hasil analisis SWOT diperoleh bahwa terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran produk gadai. Strategi usulan yang dapat dilakukan oleh bank untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman yang terjadi di PT. BPR Syariah Mandiri Mitra Sukses cabang Sidayu yaitu bank perlu untuk melihat peluang pemasaran di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau melalui penjemputan nasabah ke tempat tinggalnya, penyesuaian harga dapat dilakukan oleh bank antara harga produk yang ditawarkan oleh nasabah dan kebutuhan modal usahanya, dan menambah penyebaran promosi diberbagai media ssosial agar diketahui banyak masyarakat..