PENGGUNAAN LAYANAN JASA TRANSFER MENGGUNAKAN APLIKASI BSI MOBILE DALAM PENINGKATAN KEPUASAN NASABAH DI BSI KCP SUMENEP TRUNOJOYO 1

Authors

  • Mujibno Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Mamik Astik Wardasari Astik Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.62490/iqtishodiah.v6i1.363

Keywords:

Layanan Jasa Transfer, Aplikasi BSI mobile Banking Peningkatan Kepuasan Nasabah

Abstract

Pengiriman uang melalui jasa transfer merupakan salah satu jasa pelayanan bank pada nasabah untuk mengirimkan dananya dalam bentuk rupiah atau valuta asing yang ditujukan pada pihak lain. Salah satu bank syari’ah yang menyediakan layanan jasa fitur mobile banking adalah BSI (Bank Syari’ah Indonesia) yang diberi nama BSI Mobile Banking. BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1. Pokok dari skripsi yang tersaji dalam rumusan masalah ini adalah pertama, apakah penggunaan layanan jasa transfer melalui aplikasi BSI mobile banking dapat meningkatkan kepuasan nasabah di BSI KCP Sumenep Truojoyo 1?, kedua, Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan layanan jasa transfer melalui aplikasi BSI mobile banking dalam meningkatkan kepuasan nasabah di BSI KCP Sumenep Truojoyo 1?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang kemudian dianalisis untuk memperoleh data atau informasi yang akurat. Subjek penelitian ini diambil dari beberapa pegawai aktif di BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1, untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwasannya, yang pertama Penggunaan layanan jasa transfer melalui aplikasi BSI mobile banking dapat meningkatkan kepuasan nasabah karena kemudahan dan beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh nasabah selain itu dengan adanya layanan jasa aplikasi BSI mobile banking melalui aplikasi BSI mobile banking dapat memenuhi tujuan bank itu sendiri serta dapat memenuhi kebutuhan nasabah sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah, dan yang kedua Dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh layanan jasa transfer melalui aplikasi BSI mobile banking di BSI KCP Sumenep Trunojoyo satu dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Kekurangan yang ada pada penggunaan layanan jasa transfer melalui aplikasi BSI mobile banking di BSI KCP Sumenep trunojoyo 1 masih bisa diatasi dengan kelebihan yang ada sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Mujibno, M., & Astik, M. A. W. (2024). PENGGUNAAN LAYANAN JASA TRANSFER MENGGUNAKAN APLIKASI BSI MOBILE DALAM PENINGKATAN KEPUASAN NASABAH DI BSI KCP SUMENEP TRUNOJOYO 1. Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.62490/iqtishodiah.v6i1.363

Issue

Section

Articles