PENGARUH ISLAMIC BRANDING PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN RIBATH BAROKAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI DESA PEKIRINGAN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL

Authors

  • Tri Yulianti

Keywords:

Islamic Branding, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic branding produk air minum dalam kemasan Ribath Barokah terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 97 responden yang merupakan konsumen produk air minum dalam kemasan Ribath Barokah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Versi 21. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji korelasi, uji normalitas, uji koefesien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Islamic branding terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai t hitung, t tabel dan nilai signifikansi. Pada variabel Islamic branding nilai t hitung > t tabel yakni 120,177 > 1,996 dengan niali signifikansi < nilai ? yakni 0,000 < 0,05. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian nilai t hitung > t tabel yakni 87,740 > 1,996 dengan nilai signifikansi <nilai ? yakni 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Islamic branding dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Published

2020-11-30

How to Cite

Yulianti, T. (2020). PENGARUH ISLAMIC BRANDING PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN RIBATH BAROKAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI DESA PEKIRINGAN KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(2). Retrieved from https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/iqtishodiah/article/view/236

Issue

Section

Articles