RAHASIA KEBERTAHANAN UMKM DI MASA PANDEMI DALAM KAJIAN EKONOMI SYARIAH
Keywords:
UMKM, Ekonomi Syariah, Takwa, Tawakal, Syukur, Pandemi Covid-19Abstract
Tulisan ini berusaha mengetahui hubungan kebertahanan UMKM di masa pandemi dengan pendekatan ekonomi syariah, meliputi keyakinan akan rejeki dari Allah Swt, dan kiat bertahan umkm dengan memanfaatkan teknologi. Pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, data didukung dengan mewawancarai pelaku UMKM terpilih di bidang fashion, dan makanan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa benar adanya pandemi covid-19 menyebabkan penurunan daya beli masyarakat sehingga omzet pelaku umkm menurun drastis jika berjualan masih dengan cara konvensional, seperti berjualan di pasar traditional, lapak pedagang, pasar mingguan, pasar malam, pedagang keliling dan semodel dengannya. Namun dengan adanya tambahan teknologi seperti berjualan di marketplaces dapat membantu penjualan dengan tidak melanggar protokoler kesehatan. Hal lain yang ditemukan, bahwa pelaku usaha UMKM yang masih bertahan dipengaruhi oleh keyakinan yang benar akan konsep rejeki dari Allah Swt serta kewajiban bertakwa, bertawakal dan bersyukur dalam mencari rejeki Allah Swt diantaranya dengan cara berdagang. Hasil dari keyakinan tersebut menggerakan pelaku UMKM agar tetap eksis di era pandemi dengan penyesuaian yang telah ditetapkan oleh pemerintah