PENGARUH READING COMPREHENSION TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA TERKAIT KONSEP PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA KELAS BAHASA INGGRIS 2 PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH DI IBN TEGAL)
DOI:
https://doi.org/10.62490/iqtishodiah.v7i1.1052Keywords:
Reading Comprehension, Kosakata, Perbankan SyariahAbstract
Dalam konteks Reading Skills, terdapat dua jenis kemampuan membaca, yaitu reading comprehension dan reading aloud. Tujuan dari dua jenis skill membaca ini yang membuat keduanya berbeda. Reading comprehension lebih berfokus pada kemampuan memahami sebuah teks dan konteks dalam sebuah bacaan, sedangkan reading aloud atau membaca lantang merupakan kemampuan yang berfokus pada pronounciation. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pemahaman dalam membaca teks dapat mempengaruhi pemahaman pembaca terhadap kosakata yang terdapat di dalam sebuah teks serta mengimplementasikannya kedalam konteks yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif dan melibatkan mahasiswa Perbankan Syariah Institut Bakti Negara (IBN) Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh reading comprehension (X) terhadap pemahaman terhadap konsep yang terkait dengan perbankan syariah (Y), dan keduanya memiliki hubungan yang positif. Artinya, jika reading comprehension tinggi, maka bisa dipastikan pemahaman akan konsep perbankan syariah yang dimiliki mahasiswa juga akan tinggi.